NILA SOFIYUL HANIK, 126205202125 (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI PANCASILA KELAS IV MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (815kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Pancasila Kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Sofiyul Hanik, NIM 126205202125, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Hfidz Rosyidiana, M.Pd., NIP 198904292020121008. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Pancasila Modul pembelajaran adalah salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran, tetapi masih banyak ditemui dalam pembelajaran pendidik masih berfokus pada buku paket maupun LKS. Berkaitan dengan itu maka diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran berupa modul yang menarik, variatif, inovatif, mudah dipahami untuk peserta didik kelas IV MI/SD. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengembangan modul pembelajaran pada materi Pancasila kelas IV MI/SD, (2) bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan modul pembelajaran materi Pancasila kelas IV MI/SD, (3) bagaimana keefektifan penggunaan modul pembelajaran materi Pancasila kelas IV MI/SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran modul pada materi Pancasila untuk siswa kelas IV, (2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan media modul materi Pancasila, (3) mendeskripsikan keefektifan penggunaan media modul materi Pancasila. Sasaran dari penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah pengembangan yang dilakuakn oleh peneliti adalah (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala likert. Validasi dilakukan oleh oleh ahli media dan ahli materi, serta angket pendidik dan peserta didik. Hasil Penelitian dengan pengembangan modul pembelajaran materi Pancasila menunjukkan bagaimana modul yang dibuat kemudian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Modul PKn materi Pancasila kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil modul yang dikembangkan merupakan kriteria “valid”, “efektif”, dan “layak” digunakan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, respon pendidik, nilai pretest, posttest, serta respon peserta didik. (2) untuk respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 93,68% dengan kriteria sangat menarik dan sangat efektif. (3) hasil dari keefektifan penggunaan modul Pancasila mendapatkan hasil penilaian pretest dan posttest mendapat presentase rata-rata 0,8285 jadi nilai ini lebih besar g>0,7 dengan kriteria “tinggi”. Kemudian untuk Ngain_persen nilai rata-ratanya yang diperoleh yaitu 82,8519 jadi nilai ini lebih besar dari 76%. Maka tafsirannya adalah mendapatkan kriteria “efektif”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Buku Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202125 NILA SOFIYUL HANIK |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:10 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49093 |
Actions (login required)
View Item |