STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR

LUTHFIYURRAHMAN MUHAMMAD ARIF, 126201201002 (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Peserta Didik di MAN 1 Blitar” ditulis oleh Luthfiyurrohman Muhammad Arif, NIM 126201201002, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ,Pembimbing Evy Ramadina., S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Akhlaqul Karimah siswa Penanaman pendidikan karakter sangat penting melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memperhatinkan. Penanaman karakter pada usia madrasah Aliya negeri harus ditanamkan dengan sungguhsungguh, karena usia menegah tersebut sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Guru harus membekali peserta didik dengan karakter yang baik dan budi pekerti yang mulia, melalui penanaman nilai-nilai pendidikan dan pembiasaan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Peserta Didik di MAN 1 Blitar? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru Akidah akhlak Membentuk akhlaqul karimah siswa di MAN 1 Blitar ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru untuk membentuk Akhlaqul karimah Kepada siswa di MAN 1 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru untuk membentuk Akhlaqul karimah Kepada siswa di MAN 1 Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai akhlaqul karimah yang ditanamkan MAN 1 Blitar yaitu nilai Al-ikhsan dan nilai As- shobru . Nilai Al-ikhsan seperti: jujur, adil, rendahhati, amanah, dapat dipercaya, senang bersedekah, peduli antar sesama, bertanggung jawab. Sedangkan nilai Asshabru seperti:sabar,membantu orang lain, Penanaman nilai Al-ikhsan & Asshabru di MAN 1 Blitar melalui strategi Al-ihksan & As-shabru dan menjalin kerjasama dengan wali murid. (2) Program pembiasaan di MAN 1 Blitar melalui strategi Al-ikhsan , dan strategi As-shabru . Kegiatan Akhlaqul karimah diantaranya salat berjamaah, yasin dan tahlil, tahfidz, sedekah jumat, membaca doa diawal dan diakhir pembelajaran, membaca surat-surat pendek dan asmaul husna di pagi hari. Sedangkan kegiatan melalui nasionalisme meliputi upacara bendera, piket, membaca pancasila diawal pembelajaran, gotong royong membersihkan madrasah. Adanya pembiasaan secara rutin menumbuhkan pembiasaan secara spontan yaitu memiliki sikap sopan santun, dan terpuji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201002 LUTHFIYURRAHMAN MUHAMMAD ARIF
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:08
Last Modified: 13 Aug 2024 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49101

Actions (login required)

View Item View Item