ZIAN AZIZAH, 126201202117 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar” yang ditulis oleh Zian Azizah, NIM. 126201202117. Pembimbing Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I .Katakunci: Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, karena sebagian besar guru masih mengajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 136 siswa. Sedangkan sampel yang diambil dari total populasi ada 48 peserta didik, yaitu 27 peserta didik dari kelas VIII-E dan 21 Peserta didik dari kelas VIII-B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al�Muslihuun Tlogo Blitar yang ditunjukkan thitung > ttabel atau 3,788 > 2,01290 dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al�Muslihuun Tlogo Blitar yang ditunjukkan -thitung < -ttabel atau -3,653 < -2,01290 dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar dengan hasil uji MANOVA nilai sig. 0,00 < 0,05 dan uji Test of Between-Subjects Effects menunjukkan bahwa harga F untuk semua signifikan, yaitu 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202117 ZIAN AZIZAH |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49106 |
Actions (login required)
View Item |