NAFISATUS SILVIYA, 126207202061 (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (862kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Nafisatus Silviya, NIM. 126207202061, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar, Peserta Didik Perkembangan zaman yang makin cepat juga memberikan dampak yang signifikan salah satunya yaitu berkembangnya pemikiran manusia. Untuk membentuk pola fikir yang baru pastinya membutuhkan suatu hal yang dapat menaunginya, salah satunya yaitu pendidikan. Untuk menunjang pendidikan yang baik dan unggul pastinya harus ditunjang dengan fasilitas yang memadai yaitu sarana dan prasarana pendidikan. Sesuai dengan hal tersebut, penelitian ini didasarkan pada kemampuan dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MTsN 1 Blitar. Fokus penelitiaan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar?, 2) Bagaimana implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar?, 3)Bagaimana evaluasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar? Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi sumber (data), Triangulasi teknik dan Triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan yang dilakukan untuk menentukan analisis kebutuhan dan pemetaan kebutuhan yang dilaksanakan pada awal tahun dengan sumber dana BOS dan sumbangan wali murid, tidak hanya itu penentuan kebutuhan sarana dan prasarana ditentukan dari skala prioritas dan model pembelajaran. 2) Implementasi sarana dan prasarana meliputi kegiatan pengadaan yang dilakukan dengan mengacu pada perencanaan, inventaris dilakukan dengan mencatat seluruh barang, penggunaan fasilitas ditanggungjawabi oleh kepala madrasah dan seluruh warga madrasah, pemeliharaan dilakukan dengan melibatkan warga madrasah, pemusnahan dilakukan dengan pertimbangan barang yang sudah tidak layak pakai dan memangkas anggaran. 3) Evaluasi dilakukan dengan rapat dinas yang didalamnya ada pengawasan dari bapak ibu guru dimana faktor pendukung di MTsN 1 Blitar yaitu SDM yang memadai dan suplai dana, faktor penghambar yaitu warga madrasah yang sulit untuk merawat fasilitas, perencanaan dan pengadaan barang yang tidak sesuai, kurangnya sosialisasi terhadap guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202061 NAFISATUS SILVIYA |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49125 |
Actions (login required)
View Item |