SEPTI YULIASARI, 126209201037 (2024) KORELASI ANTARA MOTIVASI DAN DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (768kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Korelasi antara Motivasi dan Disiplin dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Septi Yuliasari NIM 126209201037 yang dibimbing oleh Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci : Korelasi, Motivasi, Disiplin, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena sekarang menurunya prestasi belajar siswa dikarenakan mereka masih membawa kebiasaan saat online yang disebabkan Covid-19 terjadi. Hal ini terjadi karena mereka kurang mendapatkan motivasi dan kedisiplinan yang berkurang karena terlalu lama daring. Maka dari itu perlunya pemberian motivasi diawal pembelajaran dimulai serta diperlukan memperketat kedisiplinan siswa agar bisa kembali sepeti semula atau lebih baik lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar. 2) Untuk tahu apakah ada korelasi yang terjadi antara disiplin dam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar. 3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode aosiatif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Kabupaten Blitar, yang berjumlah 373 siswa dengan sampel 93 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyebaran angket (kuisioner) kepada siswa kelas VII. Metode analisis data mencakup uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian mengidentifikasikan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara motivasi dan prestasi belajar seperti yang ditunjukkan oleh t-itung yang lebih besar dari pada t-tabel (1,715 > 1,661). 2) Secara parsial juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin dan prestasi belajar sebagaimana terlihat dari hasil t-hitung yang melebihi t–tabel (1,843 > 1,661). 3) Secara simutan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan Fhitung lebih besar dari Ftabel (4,835 > 3,10). 4) Kontrubusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebear 31,8%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201037 SEPTI YULIASARI |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49133 |
Actions (login required)
View Item |