KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII KARYA RAKHMA SUBARNA DAN KAWAN-KAWAN

SITI AMINAH, 126210201029 (2024) KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII KARYA RAKHMA SUBARNA DAN KAWAN-KAWAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Siti Aminah. 2024. Kohesi dan Koherensi dalam Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII Karya Rakhma Subarna dan Kawan-Kawan. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung. Pembimbing: Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: kohesi, koherensi, wacana, buku teks, kurikulum merdeka. Buku teks merupakan kumpulan materi ajar yang dapat dimanfaatkan dalam memberikan informasi pada siswa. Dalam menentukan buku tentu tidak hanya dari aspek publikasi dan aspek sampul buku, tetapi juga dari aspek isinya. Adapun aspek isi dalam buku teks bahasa Indonesia memuat berbagai macam jenis teks maupun wacana. Salah satu syarat dalam wacana ataupun teks yang ideal harus mengandung kohesi dan koherensi. Kohesi merupakan kepaduan bentuk dalam wacana, sedangkan koherensi adalah kepaduan makna dalam wacana. Penelitian ini memiliki beberapa alasan dalam pemilihan buku teks kelas VII karya Rakhma Subarna dan kawan-kawan. Pertama, berdasarkan observasi pada tanggal 5-7 Desember pada guru di sekolah daerah Kediri dan Blitar baik negeri maupun swasta ditemukan bahwa buku tersebut digunakan dalam proses belajar-mengajar. Contoh sekolah yang menggunakan buku tersebut yaitu MTsN 5 Kediri, MTsN Kunir, SMPN 1 Tulungagung, SMPN 1 Ngantru, SMP 2 Ngantru. Kedua, berdasarkan studi awal menunjukkan bahwa teks-teks yang ada dalam buku ini mengandung wacana baik kohesi dan koherensinya. Oleh sebab itu, penulis ingin melihat bagaimana kohesi dan koherensi dalam buku teks tersebut. Ketiga, buku ini diterbitkan ketika kurikulum merdeka diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi yang ada dalam wacana bab 1, bab 3, dan bab 6 pada buku teks bahasa Indonesia kelas VII karya Rakhma Subarna dan kawan-kawan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wacana yang terdapat di bab 1, bab 3 dan bab 6 dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII karya Rakhma Subarna dan kawan-kawan. Selain itu, penerapan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk teknik studi dokumentasi dengan mencatat penggalan wacana yang mengandung kohesi dan koherensi. Penggunaan teknik trigulasi teori dalam penelitian ini berfungsi untuk mengecek keabsahan data sehingga dapat menghindari adanya kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pada bab 1, bab 3, dan bab 6 dalam wacana buku teks bahasa Indonesia kelas VII yang ditulis oleh Rakhma Subarna dan kawan-kawan ditemukan berupa data kohesi gramatikal dan data kohesi leksikal. Data kohesi gramatikal meliputi referensi, substitusi, dan konjungsi. Namun, pada kohesi leksikal data yang ditemukan meliputi reiterasi dan kolokasi. 2) Dalam penelitian ini ditemukan berupa koherensi berpenanda dan koherensi tidak berpenanda. Koherensi berpenanda yang ditemukan yakni koherensi aditif, koherensi kausalitas, koherensi kondisi, koherensi instrumen, koherensi konklusi, koherensi temporal, koherensi similaritas, koherensi validitas. Namun, pada koherensi tidak berpenanda data yang ditemukan meliputi koherensi perian dan koherensi perincian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201029 SITI AMINAH
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:43
Last Modified: 25 Jul 2024 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49150

Actions (login required)

View Item View Item