PERUBAHAN STRUKTUR MARKETPLACE SEBAGAI EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (Studi Kasus pada Online Shop drgift.id di Desa Karangsono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

THALIA FATIMATUL ZAHRO, 126402203216 (2024) PERUBAHAN STRUKTUR MARKETPLACE SEBAGAI EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (Studi Kasus pada Online Shop drgift.id di Desa Karangsono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perubahan Struktur Marketplace Sebagai Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus pada Online shop drgift.id di Desa Karangsono Kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung)”. Ditulis oleh Thalia Fatimatul Zahro NIM. 126402203216, Dosen Pembimbing Dr. Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang semakin berkembang pesat pada saat sekarang ini. Inovasi dan trend digital marketplace juga menjadi tranding topik dikalangan masyarakat. Keberhasilan suatu usaha online shop yang memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan omzet penjualan dengan memanfaatkan digital marketplace sebagai media platform penjualannya. Digital marketplace sangat diminati oleh konsumen karena kemudahan serta praktis dalam pengaplikasian jual beli. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaiamanakah marketplace sebagai ekonomi digital dapat mendorong peningkatan omzet penjualan pada online shop drgift.id dan (2) Bagaimana efektivitas penggunaan marketplace dalam meningkatkan omzet penjualan pada online shop drgift.id. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana marketplace sebagai ekonomi digital dapat mendorong peningkatan omzet penjualan pada online shop drgift.id dan (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan maerketplace dalam meningkatkan omzet penjualan pada online shop drgift.id Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pihak-pihak pemilik usaha online shop yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan beberapa tahapan yang pertama yaitu menelaah semua data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara kemudian menggolongkan data kedalam kelompok masalah dan meringkasnya untuk diambil kesimpulan, dan yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) marketplace sebagai ekonomi digital dapat mendorong adanya kenaikan omzet penjualan pada online shop drgift.id. Salah satu faktor utama keuntungan berjualan dalam media digital marketplace adalah jangkauan pasar yang sangat luas, tentu hal itu menjadi faktor pendorong kenaikan omzet penjualan. Selain itu, sosial media juga menjadi hal yang sangat penting bagi kenaikan omzet penjualan, yaitu sebagai media pemasaran digital marketplace. (2) Digital marketplace cukup efektif penggunaanya untuk menaikkan omzet penjualan. Akan tetapi dengan banyak kemudahan dalam pengaplikasian digital marketplace membuat banyak pelaku usaha berlomba-lomba untuk mengembangkan usaha melalui digital marketplace, sehingga mengakibatkan turunya omzet penjualan pada online shop drgift.id. Adapun penurunan omzet penjualan masih terlampau normal dan masih diatas dari omzet penjualan sebelum menggunakan marketplace. Oleh karena itu, penjualan melalui digital marketplace masih cukup efektif bagi penjualan online shop drgift.id. Kata Kunci: Digital Marketplace, Omzet Penjualan, Online shop

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Toko Online
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402203216 THALIA FATIMATUL ZAHRO
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:46
Last Modified: 25 Jul 2024 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49152

Actions (login required)

View Item View Item