STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH PADA SISWA DI MTsN 6 BLITAR

ZULFA INDANA, 126201203306 (2024) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH PADA SISWA DI MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fikih dalam Menanamkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah pada Siswa di MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Zulfa Indana, NIM 126201203306, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru Fikih, Kedisiplinan, Shalat Berjamaah Penelitian ini didasarkan pada konteks di tempat penelitian tentang kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti shalat berjamaah. Hal ini terlihat masih adanya siswa yang berada di dalam kelas atau lingkungan madrasah ketika waktu shalat telah tiba. Dengan adanya permasalahan tersebut, guru fikih memiliki peran dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa. Dalam hal ini, peneliti membahas terkait strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar, (2) Bagaimana hambatan strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar, (3) Bagaimana dampak strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan dampak strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitiannya di MTsN 6 Blitar. Sumber data yang diperoleh dari dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar yaitu pembiasaan, keteladanan, dan hukuman. (2) Hambatan strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar yaitu lingkungan keluarga, keadaan siswa yang bervariasi dan kurangnya pendamping. (3) Dampak strategi guru fikih dalam menanamkan kedisiplinan shalat berjamaah pada siswa di MTsN 6 Blitar yaitu peningkatan kedisiplinan dan siswa terbiasa melaksanakan shalat berjamaah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203306 ZULFA INDANA
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:46
Last Modified: 29 Jul 2024 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49161

Actions (login required)

View Item View Item