MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Multisitus di MAN 1 Lamongan dan MA Ma’arif 7 Sunan Drajat Lamongan)

M. FURQON WAHYUDI, 12950121023 (2024) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Multisitus di MAN 1 Lamongan dan MA Ma’arif 7 Sunan Drajat Lamongan). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Disertasi dengan judul “Manajemen Pemberdayaan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Multisitus MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Darajat Lamongan)” ini ditulis oleh M. Furqon Wahyudi dengan Promotor Prof. Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I. dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag Kata Kunci: Manajemen Pemberdayaan, Peserta Didik, Meningkatkan Mutu Lulusan Disertasi ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti mengenai kondisi manajemen pemberdayaan peserta didik di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat dalam meningkatkan mutu lulusan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebutuhan pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat Lamongan? (2)Bagaimana proses pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat Lamongan ? (3) Bagaimana pengendalian pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat Lamongan. Disertasi ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat Lamongan. Menganalisis proses pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat Lamongan. Menganalisis pengendalian pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dan MA MA’Arif 7 Sunan Drajat Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Alamiyah (Naturalistic Pardigm), oleh karenanya penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi multisitus. Hasil penelitian kebutuhan dalam pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan mengacu pada 5 kebutuhan peserta didik yaitu pertama pembelajaran menggunakan blended learning, kelas riset, kelas olimpiade, kelas sks dan kelas prodistik. Kedua adanya tes potensi, tes potensi akademik, tes baca tulis Al-Qur’an dan tes psikologi siswa. Ketiga Pengaturan peserta didik di MAN 1 Lamongan sudah mengikuti kebijakan pemerintah dan kurikulum mengikuti IKM sementara mutu menggunakan ISO. Keempat jumlah peserta didik yang diterima atau penentuan jumlah peserta didik yang diterima. Kelima adanya penyusunan program kegiatan siswa yang didasarkan pada visi-misi sekolah. kebutuhan dalam pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MA. MA’Arif 7 Sunan Drajat mengacu pada 7 kebutuhan peserta didik yaitu fatwa dari kiai, kurikulum KTSP, jurusan unggulan, kebutuhan pendukung (skill), Pembelajaran Blended Learning, jumlah peserta didik yang diterima dan penyusunan program kegiatan siswa juga dibutuhkan. Proses pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan menitik beratkan pada 3 layanan yaitu pelayanan guru kepada peserta didik, peran guru kepada wali dan peran lembaga kepada siswa. Proses pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MA. MA’Arif 7 Sunan Drajat menitik beratkan pada 5 layanan yaitu pelayanan kepercayaan wali murid, pelayanan pelaksanaan tes, pelayanan wali kelas kepada peserta didik, pelayanan lembaga pada peserta didik, pelayanan guru pada murid. Pengendalian pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 1 Lamongan dilaksanakan dengan memfokuskan pada orientasi peserta didik dan pengawasan yaitu pengawasan tim bimbingan konseling, pengawasan secara digital yakni menggunakan cctv, orientasi peserta didik untuk mengetahui peraturan yang berlaku di sekolah melalui bener yang ada di depan ruangan dan dalam ruangan kelas, orientasi peserta didik kepada peserta didik aktif peserta didik dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah dan orientasi peserta didik kepada peserta didik dalam adaptasi dengan lingkungan sekolahan.Pengendalian pemberdayaan peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di MA. MA’Arif 7 Sunan drajat menekankan pada orientasi dan pengawasan yaitu melalui les privat kepada peserta didik, pengawasan bimbingan konseling, pengawasan menggunakan media cctv, aturan yang ada terdapat di sekolahan, Peserta didik berpartisipasi aktif dalam seluruh kegiatan yang dibuat oleh sekolah, Peserta didik mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12950121023 M. FURQON WAHYUDI
Date Deposited: 03 Sep 2024 12:29
Last Modified: 03 Sep 2024 12:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49163

Actions (login required)

View Item View Item