STAMROTUL ISMI MAWADDAH, 126201203260 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VII DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Stamrotul Ismi Mawaddah, NIM. 126201203260, pembimbing Dr. Mukhamad Sukur, M.Pd.I. Kata Kunci: Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di dalam dunia pendidikan. Pada zaman sekarang ini, tidak sedikit manusia yang kehilangan karakter dalam dirinya, khususnya karakter religius. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dan perkembangan zaman yang semakin canggih dari waktu ke waktu serta membawa pengaruh cukup besar bagi manusia. Contohnya kemerosotan moral seperti tawuran pelajar, kurangnya rasa toleransi kepada sesama, dan sebagainya. Maka dari itu, peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa sangat penting sekali sebagai upaya melindungi siswa dari hal-hal negatif yang terjadi disekitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VII di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak, kepala sekolah, dan siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator memotivasi siswa dengan selalu memberikan dorongan agar mengenal agama, mengenalkan nilai-nilai kebaikan kepada siswa, memberikan semangat dan nasehat-nasehat yang membangun, memberikan apresiasi kepada siswa, dan pemberian hukuman atau punishment yang bersifat membangun (2) Peran guru akidah akhlak sebagai teladan yaitu selalu memberikan contoh dan menunjukkan keteladanan yang baik kepada siswa, menunjukkan keteladanan bersikap disiplin dan rajin ibadah, bersikap sabar dan jujur, bersikap sopan santun serta saling menghormati dan menghargai (3) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing yaitu membimbing siswa dengan memberikan pengajaran mengenai pentingnya beribadah, memberikan pendampingan terhadap semua kegiatan dan melakukan kerjasama dengan orang tua dalam pembentukan karakter religius siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203260 STAMROTUL ISMI MAWADDAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49170 |
Actions (login required)
View Item |