ANGGIA NOVITA PUTRI, 126205202117 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA SISWA KELAS 2 SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (769kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (683kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang mana membuat anak-anak bisa secara leluasa mengakses teknologi dimanapun dan kapanpun. Namun seiring berkembangnya zaman mereka tidak peduli dengan apa itu nilai-nilai dalam Pancasila yang mengakibatkan mereka berperilaku menyimpang tidak sesuai dengan niali-nilai Pancasila. Oleh sebab itu, SDI Bayanul Azhar khususnya dikelas 2 menerapkan adanya internalisasi nilai-nilai Pancasila pada saat pembelajaran Pendidikan Pancasila dikelas yang diharapkan siswa dapat berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai seiring dengan perkembangan zaman. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya dibutuhkan pendekatan guru dalam proses internalisasi nilai-nilai Pancasila yaitu menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning). Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan CTL pada siswa kelas 2 di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana pemahaman siswa kelas 2 SDI Bayanul Azhar Sumbergempol terhadap nilai Ketuhanan dalam proses internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan CTL?, (3) Bagaimana kendala guru dalam proses internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pendekatan CTL pada siswa kelas 2 d SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif. Teknik peengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan Teknik triagulasi sumber dan data, sedangkan analisis data yang dilakukan dengan Langkah-langkah pengumplan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain (1) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Pancasila pada kelas 2 menggunakan pendekatan CTL yaitu mengaitkan materi dengan perilaku sehari-hari dan dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu (2) Siswa kelas 2 SDI Bayanul Azhar sebagian besar sudah paham akan makna dari nilai Ketuhanan ada beberapa siswa yang memang belum paham dikarenakan memiliki kekurangan. (3) Kendala yang ada dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila yaitu terkendala oleh waktu, siswa yang jenuh,bosan, dan hilang fokus karena materi yang terus diulang karena ada beberapa siswa yang belum paham, serta menguras tenaga guru karena menjelaskan materi secara detail sampai siswa paham.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Dasar Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202117 ANGGIA NOVITA PUTRI |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:51 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49192 |
Actions (login required)
View Item |