ZULFA MARDIANA MULYA, 126204202139 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMK NEGERI 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (773kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (748kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Litersi Numerasi Siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Zulfa Mardiana Mulya, NIM. 126204202139, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Literasi Numerasi, Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika khususnya literasi di Indonesia yang masih tergolong rendah, serta pembelajaran konvensional sering kali gagal dalam menarik perhatian dan minat siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang semangat dan tidak dapat fokus dalam pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan siswa akan membuat siswa lebih termotivasi dan menjadi partisipan aktif dalam pembelajaran, yang berujung pada peningkatan prestasi akademik dan hasil pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pendekatan alternatif seperti pembelajaran dengan model problem based learning dapat diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong pembelajaran yang lebih mendalam, sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Materi yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi pada penelitian ini yaitu statistika. Tujuan peneliti ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X BD SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas X BD 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X BD 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan perhitungan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar dengan nilai sig. (2-tailed) atau p-value = 0.010/2 = 0.005 ≤ 0,050. 2) Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar adalah sebesar 0,629 termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 73%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202139 ZULFA MARDIANA MULYA |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49209 |
Actions (login required)
View Item |