PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMK NEGERI 1 UDANAWU BLITAR

ZULFA MARDIANA MULYA, 126204202139 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMK NEGERI 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Litersi Numerasi Siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Zulfa Mardiana Mulya, NIM. 126204202139, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Literasi Numerasi, Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika khususnya literasi di Indonesia yang masih tergolong rendah, serta pembelajaran konvensional sering kali gagal dalam menarik perhatian dan minat siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang semangat dan tidak dapat fokus dalam pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan siswa akan membuat siswa lebih termotivasi dan menjadi partisipan aktif dalam pembelajaran, yang berujung pada peningkatan prestasi akademik dan hasil pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pendekatan alternatif seperti pembelajaran dengan model problem based learning dapat diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong pembelajaran yang lebih mendalam, sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Materi yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi pada penelitian ini yaitu statistika. Tujuan peneliti ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X BD SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas X BD 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X BD 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan perhitungan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar dengan nilai sig. (2-tailed) atau p-value = 0.010/2 = 0.005 ≤ 0,050. 2) Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK Negeri 1 Udanawu Blitar adalah sebesar 0,629 termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 73%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202139 ZULFA MARDIANA MULYA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:59
Last Modified: 31 Jul 2024 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49209

Actions (login required)

View Item View Item