PRAKTIK PEMBERLAKUAN MEMBER CARD DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada Outlet Okaekopi di Desa Panjer Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

ADE NUR IRVAN KHOIRUL NIZAM, 12101193071 (2024) PRAKTIK PEMBERLAKUAN MEMBER CARD DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada Outlet Okaekopi di Desa Panjer Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Praktik Pemberlakuan Member Card Dalam Perspektif Hukum Islam Dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Pada Outlet Okaekopi Di Desa Panjer Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)" yang ditulis oleh Ade Nur Irvan Khoirul Nizam, NIM 12101193071, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Muflihatul Bariroh, M.S.I. Penelitihan ini dilatar belakangi oleh pemberlakuan member card terhadap para konsumen yang dilakukan oleh Outlet Okaekopi di Desa Panjer konsumen yang telah mendaftar sebagai member dapat menikmati manfaat dari member card yang diterbitkan diantaranya mendapat 1 poin disetiap pembelian, diskon potongan harga, dan dapat menikmati promo-promo menarik. Akan tetapi terjadi ketidakadilan antara konsumen pemegang member card dengan konsumen biasa sama-sama dapat menikmati manfaat dari member card. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik pemberlakuan member card di outlet Okaekopi? 2) Bagaimana pemberlakuan member card di outlet Okaekopi ditinjau dari perspektif Hukum Islam? (3) Bagaimana pemberlakuan member card di outlet Okaekopi ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan praktik pemberlakuan member card di outlet Okaekopi dan 2) Untuk menganalisis pemberlakuan member card di outlet Okaekopi di tinjau dari perspektif Hukum Islam (3) ) Untuk menganalisis pemberlakuan member card di outlet Okaekopi di tinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif dengan didukung data lapangan. Data kualitatif adalah data yang dikumpulkan lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitihan menunjukkan bahwa: 1) Pemberlakuan member card di outlet Okaekopi di Desa Panjer konsumen yang ingin mendaftar member akan dikenakan biaya awal Rp. 10.000 dengan masa aktif 1 tahun, dengan member card konsumen dapat menikmati manfaat meliputi mendapat poin, diskon, promo-promo menarik, namun terjadi ketidakadilan antara konsumen pemegang member card dengan konsumen biasa sama-sama dapat menikmati manfaat dari member card tersebut. 2) Di tinjau dari hukum Islam pemberlakuan member card di outlet Okaekopi di Desa Panjer terjadi ketidak sesuaian dengan akad ju’alah sebab manfaat atau imbalan member card disini hanya berlaku bagi konsumen pemegang member card, tapi ternyata pada praktiknya baik pemegang maupun bukan pemegang tetap mendapat manfaat yang sama. (3) Ditinjau dari UU Perlindungan Konsumen mengacu pada pasal 2 dalam pemberlakuan member card tidak sesuai dengan aturan yang berlaku karena terjadi ketidakadilan kepada konsumen, namun jika mengacu pada pasal 9 sudah sesuai dengan aturan yang berlaku karena memang benar adanya para member mendapat potongan harga dari manfaat sebagai konsumen yang memiliki member card.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Agama > Al Quran
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193071 ADE NUR IRVAN KHOIRUL NIZAM
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:41
Last Modified: 08 Aug 2024 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49214

Actions (login required)

View Item View Item