ATIKA NUR ADILA, 126205202132 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS FASE C DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS Fase C di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Atika Nur Adila, NIM.126205202132, dosen pembimbing Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, dan IPAS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang merasa terbebani dengan tantangan yang diberikan pendidik tidak sebanding dengan kemampuan, minat, gaya belajar, profil belajar dan metode pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan yang dialami peserta didik, pembelajaran berdiferensiasi ini berhubungan erat dengan kurikulum merdeka belajar saat ini sedang di gencarkan pada setiap institusi pendidikan. Maka, peneliti meneliti lebih dalam mengenai penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS Fase C di MIN 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi diferensiasi konten dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS fase c di MIN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi diferensiasi proses dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS fase c di MIN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi diferensiasi produk dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS fase c di MIN 1 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) implementasi diferensiasi konten meliputi : menyediakan bahan bacaan berdasarkan tingkat kecerdasan peserta didik, menyediakan aneka bahan ajar, menggunakan tabel kosakata, mempresentasikan ide secara audio, visual maupun audio visual, menggunakan teman bacaan dan menggunakan kelompok kecil / tutor sebaya. (2) implementasi diferensiasi proses meliputi : Kegiatan berjenjang, menyediakan pertanyaan pemandu sebagai pemantik peserta didik, memfasilitasi durasi waktu penyelesaian tugas, mengembangkan gaya belajar visual, kinestetik dan audiotori dan mengklasifiasikan kelompok sesuai dengan kemampuan dan minat peserta didik. (3) implementasi diferensiasi produk meliputi : menentukan indikator, memunculkan konten dalam produk, merencanakan proses pengajarannya dan merancang output yang diharapkan dari produk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202132 ATIKA NUR ADILA |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 11:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 11:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49234 |
Actions (login required)
View Item |