PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN 5 KEDIRI

ARINA WIDIA NINGTIAS, 126209202057 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat Baca dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN 5 Kediri” disusun oleh Arina Widia Ningtias, NIM. 126209202057, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd.,M.Sc. Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Baca, Prestasi Belajar Skripsi ini dilatarbelakangi dari adanya peran fasilitas dan warga sekolah khusunya dalam hal pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dasarnya pemanfaatan perpustakaan terlebih kepada meningkatkan minat baca masih kurang diterapkan di lingkungan sekolah. Peran dan pemanfaatan perpustakaan harusnya lebih dikelola dengan baik agar siswa bisa minat akan membaca demi maksimalnya prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, bisa melihat adanya pengaruh dari pemanfaatan perpustakaan dan minat baca khusunya di sekolah MTsN 5 Kediri. Adapun rumusan masalah penelitian ini yakni (1) Bagaimana pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS MTsN 5 Kediri ? (2) Bagaimana pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS MTsN 5 Kediri ? (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS MTsN 5 Kediri ? Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui prestasi belajar siswa dari adanya pemanfaatan perpustakaan di sekolah dan minat baca siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 5 Kediri. Pendekatan peneltian ini yakni menggunakan pendekatan kuantitatif dengan korelasional sebagai jenis penelitian. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII di MTsN 5 Kediri berjumlah 396 siswa. Menggunakan sampel sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengukur keduanya menggunakan uji instrument validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedestisitas, serta uji hipotesis menggunaka uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 5 Kediri yakni sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara peamnfaatan minat baca terhadap prestasi belajar siswa yang mana dapat dilihat dengan perolehan t-hitung > t-tabel (2.704 > 1,991) dengan signifikasi 0,004 < 0,005 yang mana artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar siswa yang mana dapat dilihat dengan perolehan t-hitung > t-tabel (2,290 > 1,991) dengan signifikasi 0,004 < 0,005 yang mana artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada kelas VIII pada mata pelajaran IPS yang mana dapat dilihat dengan perolehan hasil F Hitung > F tabel (6,322 > 3,12) dengan signifikasi 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang mana dinyatakan bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan dan minat baca mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202057 ARINA WIDIA NINGTIAS
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:51
Last Modified: 31 Jul 2024 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49262

Actions (login required)

View Item View Item