PENGEMBANGAN BOOKLET FAMILI ARECACEAE DI ALUN-ALUN LODOYO KECAMATAN SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

ULFAH NUR KHOLILAH, 126208201027 (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET FAMILI ARECACEAE DI ALUN-ALUN LODOYO KECAMATAN SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB I.PDF

Download (610kB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar sebagai Sumber Belajar Biologi” ini ditulis oleh Ulfah Nur Kholilah, NIM. 126208201027, Dosen Pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci: Booklet, Famili Arecaceae, Sumber Belajar Biologi. Sumber belajar atau sumber informasi mengenai tumbuhan khususnya Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar masih sangat minim sehingga diperlukan informasi tambahan mengenai tumbuhan Famili Arecaceae. Keterbatasan sumber belajar yang tersedia menyulitkan mahasiswa dalam mempelajari atau memahami materi Anatomi dan Morfologi Tumbuhan. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menunjukkan bahwa 60% mahasiswa menyatakan telah mengetahui jenis-jenis tumbuhan Famili Arecaceae namun hanya sebesar 46,7% mahasiswa yang mengetahui ciri-ciri dari masing-masing tumbuhan Famili Arecaceae. Mahasiswa menyatakan membutuhkan sumber belajar lain yang lebih menarik. Sehingga peneliti melakukan pengamatan lebih lanjut mengenai tumbuhan Famili Arecaceae dan kemudian disusun menjadi sumber belajar berupa Booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keanekaragaman Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, (3) menganalisis kevalidan dari booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang telah dihasilkan, (4) menganalisis kepraktisan dari booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang telah dihasilkan, (5) menganalisis keefektifan dari booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang telah dihasilkan. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Kelima tahap tersebut adalah analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif kualitatif dari data hasil wawancara kebutuhan sumber belajar dengan dosen mata kuliah Anatomi dan Morfologi Tumbuhan, data hasil keanekaragaman Famili Arecaceae, data hasil studi literatur, data hasil perbaikan dari ahli materi dan ahli media. Analisis statistik deskriptif dari angket analisis kebutuhan, validasi ahli materi dan ahli media, dan uji kepraktisan. Selanjutnya analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar menggunakan uji T berpasangan (paired sample T-test). Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah (1) terdapat 5 spesies Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yaitu Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata A.K. Irvine), Palem Raja (Roystonea regia Kunth OF Cook), Palem Sadeng (Livistona rotundifolia Lam. Mart.), Palem Putri (Adonidia merrillii Becc.), dan Kelapa Gading (Cocos nucifera L.). (2) Mahasiswa menyatakan membutuhkan sumber belajar lain untuk mempelajari Famili Arecaceae, dosen pengampu mata kuliah anatomi dan morfologi tumbuhan juga menyatakan diperlukan sumber belajar tambahan untuk menunjang dalam belajar mata kuliah anatomi dan morfologi tumbuhan, desain sumber belajar dibuat dalam bentuk storyboard. (3) Sumber belajar booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang telah dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli yaitu ahli materi dengan persentase 100% (sangat valid) dan ahli media dengan persentase 85% (sangat valid). (4) Hasil kepraktisan dari sumber belajar booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar adalah 87% yang berarti sumber belajar booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar sangat praktis. (5) Hasil uji keefektifan dari sumber belajar booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar menunjukkan nilai rata-rata pre-test 50,7 dan nilai rata-rata post-test 90,7. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan pada nilai pre-test dan post-test. Sehingga booklet Famili Arecaceae di Alun-Alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar efektif sebagai sumber belajar Biologi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Morfologi
Biologi > Tumbuhan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201027 ULFAH NUR KHOLILAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:49
Last Modified: 31 Jul 2024 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49269

Actions (login required)

View Item View Item