EVA JULIANA, 3214113068 (2017) PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK DIMENSI TIGA SISWA KELAS IX MTS ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (308kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (890kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas IX MTs Aswaja Tunggangri Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Eva Juliana, NIM. 3214113068, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Prestasi Belajar Matematika, Dimensi Tiga Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Kecerdasan visual spasial melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan sebuah gambar di dalam pikiran seseorang atau mencitrakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Siswa dengan kecerdasan visual spasial dapat dengan mudah memberikan gambaran visual yang jelas ketika menjelaskan sesuatu, dapat dengan mudah membaca peta atau diagram, dapat menggambar sosok orang atau benda persis aslinya, senang melihat film, slide, foto, atau karya seni lainnya, sangat menikmati kegiatan visual, seperti teka-teki atau sejenisnya, suka melamun dan berfantasi, mencoret-coret di atas kertas atau buku tugas sekolah, lebih memahami informasi lewat gambar daripada kata-kata atau uraian, menonjol dalam mata pelajaran seni. Berangkat dari hal tersebut penulis ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan visual spasial Siswa kelas IX di MTs Aswaja Tunggangri, (2) mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar matematika materi pokok dimensi tiga Siswa kelas IX di MTs Aswaja Tunggangri, (3) mengetahui pengaruh antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi pokok dimensi tiga Siswa kelas IX di MTs Aswaja Tunggangri tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan visual spasial, dimana tes tersebut berupa soal bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal, setiap soal bernilai 5. Selanjutnya observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis deskriptif kecerdasan visual spasial menunjukkan Mean (M) sebesar 62,38, Maximum sebesar 85, Minimum sebesar 35, dan Standart Deviasi (SD) sebesar 15,134. (2) Berdasarkan analisis deskriptif prestasi belajar matematika materi pokok dimensi tiga menunjukkan Mean (M) sebesar 64,38, Maximum sebesar 72, Minimum sebesar 49, dan Standart Deviasi (SD) sebesar 6,233. (3) Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diketahui besarnya t_hitung=5,761090193>t_tabel=2,093, yang berarti “ada pengaruh antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi pokok dimensi tiga kelas IX MTs Aswa Tunggangri tahun ajaran 2015/2016”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 3214113068 Eva Juliana |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 07:02 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4927 |
Actions (login required)
View Item |