DWI CAHYA ALVIN CHUSNIA, 126205201038 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI SOOKO 2 MOJOKERTO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (885kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum, dari kurikulum 2013 dengan kurikulum darurat menjadi kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka diatur dalam keputusan Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022, dimana kurikulum merdeka sebagai upaya penyempurnaan kualitas pendidikan. Kurikulum merdeka menekankan pada kebutuhan peserta didik, dimana peserta didik dapat mengembangkan bakat minat dan mengekspresikan idenya dengan bebas. Tidak hanya kepada peserta didik, melainkan agar semua pihak termasuk guru, orang tua, sekolah, dan pemerintah, dapat belajar satu sama lain guna memperbaiki kekurangan sehingga pendidikan dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pendidikan. Maka, peneliti meneliti lebih dalam mengenai implementasi kurikulum merdeka. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan intrakurikuler kurikulum merdeka belajar di SD Negeri Sooko 2 Mojokerto? (2) Bagaimana pelaksanaan kokurikuler kurikulum merdeka belajar di SD Negeri Sooko 2 Mojokerto? (3) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler kurikulum merdeka belajar di SD Negeri Sooko 2 Mojokerto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertempat di SD Negeri Sooko 2 Mojokerto. Teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di SD Negeri Sooko 2 Mojokerto sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan intrakurikuler diawali dengan keikutsertaan kepala sekolah beserta guru-guru mengikuti pelatihan kurikulum merdeka, menyusun perencanaan pembelajaran, menentukan mata pelajaran, menggunakan pendekatan berdiferensiasi, merencanakan alokasi waktu, merencanakan asesmen. Pelaksanaan kokurikuler dilakukan dengan kepala sekolah dan guru merencanakan pembelajaran kokurikuler, menggunakan tema pilihan, membentuk tim fasilitator, adanya kegiatan pembiasaan, memilih dimensi yang dituju, merencanakan alokasi waktu, merencanakan asesmen. Pelaksanaan ekstrakurikuler dilaksanakan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan, mendapatkan dukungan fasilitas yang maksimal, mengarahkan bakat minat peserta didik, melaksanakan ekstrakurikuler dengan aktif dan semangat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201038 DWI CAHYA ALVIN CHUSNIA |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49283 |
Actions (login required)
View Item |