AHLAA NAFISAH FATIMAH AZ ZAHRA, 126201203192 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa melalui Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Jombang” ini ditulis oleh Ahlaa Nafisah Fatimah Az Zahra NIM 126201203192. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Hawwin Muzakki M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Emosional, Pendidikan Agama Islam. Umumnya guru bimbingan konseling pada suatu lembaga menjadi pusat pengendalian kecerdasan emosional dan menangani konflik perilaku siswa. Namun berbeda di SMA Negeri 3 Jombang, dimana guru PAI juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa khususnya melalui pembelajaran pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pendidikan agama Islam kelas XI IPS Di SMA Negeri 3 Jombang. (2) Pelaksanaan strategi guru melalui pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 3 Jombang. (3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pendidikan agama Islam kelas XI IPS Di SMA Negeri 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan kondensasi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pendidikan agama Islam kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Jombang adalah (a) perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian; (b) Strategi dalam meningkatkan kecerdasan emosional di dalam kelas berdasarkan indikator mengenali emosi diri, percaya diri, luwes dan mengelola emosi yang tidak stabil, dorongan untuk berprestasi, berfikir positif dan optimis, peka, membangkitkan semangat orang lain, dan mampu menyelesaikan masalah atau perselisihan. (c) strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional melalui PAI di luar kelas adalah selalu menjadi contoh teladan/uswatun khasanah, selalu memberikan nasihat, dan pembiasaan kegiatan keagamaan. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pendidikan agama Islam kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Jombang (a) Sikap-sikap terpuji siswa di dalam kelas seperti mampu memecahkan masalah dengan baik, memiliki kepedulian dan empati dengan sesama, dan saling mengingatkan kewajiban belajar, (b) Sikap- sikap terpuji siswa di luar kelas seperti tidak mudah tersinggung saat di bully dan mampu mengontrol diri untuk berkata kotor/jorok. (3) Evaluasi strategi berupa faktor pendukung diantaranya lingkungan sekolah dan keluarga, dan internal siswa. Faktor penghambat berupa penggunaan internet yang berlebihan, lingkungan teman sebaya, dan diri sendiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203192 AHLAA NAFISAH FATIMAH AZ-ZAHRA |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:04 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49291 |
Actions (login required)
View Item |