LISA NUR ADHASARI, 126208202056 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LEAFLET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (776kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Lisa Nur Adhasari. NIM. 126208202056, pembimbing Bapak Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: hasil belajar, Leaflet, motivasi belajar, sistem pernapasan Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran IPA kelas VIII di MTsN 4 Blitar kurang bervariasi, guru hanya menggunakan media cetak berupa LKS dan buku paket IPA, buku paket tersebut pinjaman sekolah, digunakan dalam berlangsungnya proses pembelajaran kemudian buku paket dikembalikan lagi ke sekolah. Hal ini menyebabkan siswa mudah bosan dan tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi, sehingga dapat menyebabkan motivasi belajar menurun sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti mengembangkan produk berupa Leaflet sebagai media belajar alternatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Leaflet dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII MTsN 4 Blitar (2) Untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran IPA berbasis Leaflet dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII MTsN 4 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data berupa obeservasi, wawancara, angket dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap Analyze dengan wawancara guru dan analisis kebutuhan siswa. Design dilakukan dengan pembuatan story board produk Leaflet. Development mendapatkan hasil validasi produk oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 88% ahli materi 96%, guru mata pelajaran IPA 93% diperoleh hasil dari beberapa validator tersebut bahwa Leaflet dinyatakan sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Implementation uji N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil N-Gain Score kelas kontrol yaitu 56,4974% > 34,2689% artinya media Leaflet cukup efektif untuk digunakan, hasil uji keterbacaan siswa memperoleh nilai rata-rata 25,84 dengan persentase 86% temasuk dalam kategori sangat praktis Evaluation dilakukan perbaikan produk Leaflet sesuai dengan kritik dan saran. (2) Keefektifan media Leaflet dilihat dari uji N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil N-Gain Score kelas kontrol yaitu 56,4974% > 34,2689% artinya media Leaflet cukup efektif untuk digunakan. Hasil independent t-test motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penggunaan media Leaflet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII MTsN 4 Blitar. Hasil uji manova menunjukkan Sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh simultan keefektifan media pembelajaran IPA berbasis Leaflet pada materi sistem pernapasan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Manusia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202056 LISA NUR ADHASARI |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49320 |
Actions (login required)
View Item |