PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI MIFTAHUL FALAAH KOTA KEDIRI

PUTRI ADNIN SETIA MUKTI, 126205201071 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI MIFTAHUL FALAAH KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri” ini ditulis oleh Putri Adnin Setia Mukti. NIM 126205201071, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar, IPAS Latar belakang dari terlaksananya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran yang monoton dan kurang membuat peserta didik semangat dalam belajar dan hasil belajar yang belum maksimal. Sehingga penulis akan melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning pada mata pembelajaran IPAS. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Miftahul Falaah Kota Kediri. Rancangan penelitian: Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B MI Miftahul Falaah Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil pengujian t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Hɑ dapat diterima. (2) Model pembelajaran project based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil pengujian t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Hɑ dapat diterima. (3) Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning pada Effect Size diperoleh d = 4,364 dan dikategorikan very large (sangat besar). Sedangkan besarnya pengaruh model pembelajaran project based learning pada Effect Size diperoleh d = 2,432 dan dikategorikan very large (sangat besar) juga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201071 PUTRI ADNIN SETIA MUKTI
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:51
Last Modified: 12 Aug 2024 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49344

Actions (login required)

View Item View Item