PENGARUH SELF EFFICACY DAN CURIOSITY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 4 JOMBANG TAHUN AJARAN 2023/2024

MUHAMMAD YUNADI LIL IMAN, 126204202109 (2024) PENGARUH SELF EFFICACY DAN CURIOSITY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 4 JOMBANG TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Iman, Muhammad Yunadi Lil. 2024. Pengaruh Self-Efficacy dan Curiosity Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Self-Efficacy, Curiosity, Kemampuan Literasi Matematika Literasi matematika merupakan kemampuan yang sangat penting dalam membantu menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menggunakan konsep matematika. Namun, berdasarkan observari yang dilakukan di kelas X MAN 4 Jombang, terdapat siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam berliterasi matematika, hal ini ditandai dari siswa yang kesulitan dalam merumuskan masalah dalam model matematika, siswa cenderung salah dalam menggunakan rumus-rumus yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan matematika, dan masih ada siswa yang tidak bersemangat dalam membaca pada pelajaran Matematika. Para siswa juga kurang memiliki kepercayaan pada kemampuan dirinya (self-efficacy) dari pelajaran Matematika. Selain itu, siswa juga terlihat kurang memiliki rasa ingin tahu (curiosity) dalam menggali pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024, 2) Mengetahui pengaruh curiosity terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024, 3) Mengetahui pengaruh self-efficacy dan curiosity secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 543 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 siswa yang berasal dari kelas X-G dan X-I. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket self-efficacy dan curiosity serta tes kemampuan literasi matematika. Analisis data menggunakan analisis regresi linear. Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan self-efficacy terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan curiosity terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan self-efficacy dan curiosity secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X di MAN 4 Jombang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202109 MUHAMMAD YUNADI LIL IMAN
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:31
Last Modified: 30 Jul 2024 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49429

Actions (login required)

View Item View Item