EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TRENGGALEK PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN TATA SURYA

SISKA RAHMAWATI, 126211202068 (2024) EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TRENGGALEK PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN TATA SURYA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Trenggalek Pada Pokok Bahasan Bumi dan Tata Surya” ditulis oleh Siska Rahmawati, NIM. 126211202068, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning, Hasil Belajar. Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran IPA di MTsN 2 Trenggalek mengakibatkan hasil belajar siswa kurang. Hal tersebut nampak karena media yang digunakan selama pembelajaran menggunakan LKPD yang masih berisi soal-soal saja. Media tersebut belum mendukung dalam penerapan model pembelajaran sehingga peserta didik memperoleh hasil belajar yang kurang. Dalam Upaya peningkatan efektifitas tersebut diperlukan pengembangan media yang berbasis dengan model pembelajaran dalam peningkatan itu. Model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran Discovery Learning sehingga perlu dikembangkan model pembelajaran berbasis Discovery Learning dengan tahapan Pemberian rangsangan (stimulation), Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement), Pengumpulan data (data collection, Pengolahan data (data processing), Pembuktian (verification), Menarik simpulan/generalisasi (generalization). Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk mengangkat sebuah penelitian dengan judul “Efektifitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovey Learning Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VII MTsN 2 Trenggalek Pada Pokok Bahasan Bumi dan Tata Surya” yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan model 4D, yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design ( Perancangan), (3) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) atau diadaptasi Model 4-P, yaitu Pendefenisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Implementasi dikelas control dan eksperimen dengan model posttest only. Untuk mengetahui kevalidan dari produk ini digunakan instrumen kevalidan yang dinilai oleh validator ahli materi, media dan guru mata pelajaran. Kepraktisan dibuktikan dengan angket respon yang diisi oleh siswa dan guru. Dan untuk mengetahui keefektifan produk dapat dibuktikan dengan instrumen soal hasil belajar (dikerjakan oleh siswa dari kelompok kelas kontrol dan eksperimen). Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata validasi ahli media 4, 31 masuk ke dalam kategori sangat valid. Hasil rata-rata validasi ahli materi 4,44 dapat dikategorikan dengan sangat valid. Kepraktisan rata-rata respon siswa adalah 85,125% dan rata-rata respon guru adalah 98%. Kedua hasil respon tersebut dapat dijumlahkan, sehingga memperoleh nilai 91,562% yang dinyatakan dengan kategori sangat praktis. Dan Hasil kevalidan produk dibuktikan dengan angket keaktifan dan hasil belajar, nilai rata-rata angket keaktifan siswa 3,765. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 55, 719 dan untuk kelas eksperimen adalah 76,438. Dari hasil rata-rata pada kelas eksperimen tersebut dapat dinyatakan dalam kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovey Learning pada materi Bumi dan Tata Surya dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202068 SISKA RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:46
Last Modified: 08 Aug 2024 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49446

Actions (login required)

View Item View Item