PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI MTSN 1 TRENGGALEK

MIFTAHKHUL RIO PRAMUKTI, 126201203264 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Miftahkhul Rio Pramukti NIM : 126201203264 Pembimbing Evy Ramadina, S. Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Peran, Guru Akidah Akhlak, Karakter Tanggung Jawab Penulisan skripsi ini dilatar belakangi bahwa salah satu cara untuk meningkatkan karakter peserta didik yaitu dengan cara guru membiasakan kegiatan-kegiatan yang positif dan mendidik peserta didik untuk bertanggung jawab, karena peserta didik harus belajar bertanggung jawab dimulai sejak dini. Untuk menanamkan karakter tanggung jawab , maka peran guru akidah akhlak itu sangat penting untuk membantu keberhasilan peserta didik baik di dalam maupun di luar madrasah untuk bertanggung jawab. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus dalam penelitian adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di MTsN 1Trenggalek (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di MTsN 1Trenggalek (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai inspirator dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di MTsN 1Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di MTsN 1 Trenggalek, dengan menerapkan beberapa peran yang meliputi peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator, peran guru akidah akhlak sebagai motivator, peran guru akidah akhlak sebagai inspirator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yakni kondensasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Peserta Didik MTsN 1 Trenggalek. Hasil Penelitian Pertama, Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik dapat berjalan dengan baik, dalam penerapannya guru bisa memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran maupun ketika bertanggung jawab. Dalam belajar mengajar guru sudah bisa memfasilitasi peserta didik dengan guru menggunakan media pembelajaran seperti media visual, media audio, dan media audio visual sehingga dengan media ini maka peserta didik akan lebih efektif dan efisien dalam belajar. Kemudian dalam bertanggung jawab guru sudah memberikan tempat sampah di setiap kelas guna untuk menjaga kebersihan madrasah. Sehingga dengan hal ini maka peserta didik akan lebih bertanggung jawab. Kedua Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik yaitu guru sudah baik dalam pemberian motivasi ketika dalam pembelajaran guru selalu mendorong peserta didik untuk lebih aktif di dalam kelas kemudian guru juga membuat kelompok kecil guna untuk mengasah kemampuan peserta didik, selain itu guru juga selalu memberikan reward ke peserta didik yang berprestasi sehingga dengan ini maka peserta didik akan lebih mempunyai semangat yang lebih tinggi lagi. Ketiga Peran guru akidah akhlak sebagai inspirator dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik dalam penerapannya guru akidah akhlak harus menjadi pelaku didepan artinya guru harus yang paling utama yang harus dicontoh oleh peserta didik seperti contoh ketika pada waktu sholat dhuhur maka guru harus sudah ada di masjid duluan sebelum peserta didik dan guru juga harus menjadi imam sholat. Kemudian guru sebagai inspirator harus bisa mengembangkan keterampilannya yaitu sering ikut workshop sehingga guru bisa lebih kompeten lagi dan bisa membuat peserta didik lebih semangat untuk lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203264 MIFTAHKHUL RIO PRAMUKTI
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:43
Last Modified: 30 Jul 2024 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49476

Actions (login required)

View Item View Item