PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA DENGAN CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTs NEGERI 9 BLITAR

IMRO'ATUL LUTHFIA MAHMADA, 126204203159 (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA DENGAN CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTs NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mahmada, Imro’atul Luthfia, 2024. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Media Pembelajaran GeoGebra dengan Cabri 3D pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTs Negeri 9 Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : hasil belajar matematika, GeoGebra, Cabri 3D Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika peserta didik yang rendah. Hal ini karena guru hanya menggunakan media pembelajaran yang sederhana dan terbatas, sehingga peserta didik kesulitan dalam memvisualisasikan bentuk bangun ruang sisi datar ke dalam bentuk konkret. Oleh karena itu, dipilih media pembelajaran GeoGebra dan Cabri 3D. GeoGebra adalah software untuk belajar geometri, aljabar, dan kalkulus, sedangkan Cabri 3D adalah software untuk mengajar geometri tiga dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada minimal sepasang perlakuan perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran GeoGebra, Cabri 3D dan konvensional (2) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran GeoGebra dengan Cabri 3D, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran GeoGebra dengan konvensional, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran Cabri 3D dengan konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu, dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 9 Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen II dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan lembar tes, dengan analisis data uji statistik deskriptif, uji ANOVA, dan uji lanjut (post hoc test) dengan Scheffe. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) ada minimal sepasang perlakuan perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran GeoGebra, Cabri 3D dan konvensional, dengan nilai signifikansi 0,045, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran GeoGebra dengan Cabri 3D, dimana rata-rata hasil belajar matematika menggunakan GeoGebra 76.4063 dan Cabri 3D 71.7667, dengan nilai signifikansi 0,374, (3) ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran GeoGebra dengan konvensional, dimana rata-rata hasil belajar matematika menggunakan GeoGebra 76.4063 dan konvensional 68.2188, dengan nilai signifikansi 0,045, (4) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan media pembelajaran Cabri 3D dengan konvensional, dimana rata-rata hasil belajar matematika menggunakan Cabri 3D 76.4063 dan konvensional 68.2188, dengan nilai signifikansi 0,561.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203159 IMRO'ATUL LUTHFIA MAHMADA
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:19
Last Modified: 06 Aug 2024 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49538

Actions (login required)

View Item View Item