ANALISIS UTAUT DALAM MEMPENGARUHI PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING PERBANKAN SYARIAH

AURELIA VINDY ARDIANA, 126401202055 (2024) ANALISIS UTAUT DALAM MEMPENGARUHI PENERIMAAN PENGGUNA MOBILE BANKING PERBANKAN SYARIAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (757kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis UTAUT Dalam Mempengaruhi Penerimaan Pengguna Mobile Banking Perbankan Syariah” ini ditulis oleh Aurelia Vindy Ardiana, NIM. 126401202055, yang dibimbing oleh Dr. Binti Nur Asiyah, S.Pd.I., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat penerimaan pengguna mobile banking di Indonesia padahal penetrasi internet dan pemanfaatn gawai sudah terbilang tinggi. Hal ini penting karena penerimaan pengguna produk teknologi sama esensialnya dengan inovasi teknologi itu sendiri untuk menjaga eksistensinya. Konsumen produk teknologi mencakup berbagai generasi termasuk Generasi X yang saat ini keseluruhan berada di usia produktif. Penerimaan pengguna produk teknologi tersebut dapat dijelaskan melalui model UTAUT. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh ekspektasi kinerja terhadap penerimaan pengguna m-banking (2) Untuk menguji pengaruh ekspektasi usaha terhadap penerimaan pengguna m-banking (3) Untuk menguji pengaruh pengaruh sosial terhadap penerimaan m-banking (4) Untuk menguji pengaruh kondisi pemfasilitasi terhadap penerimaan pengguna m-banking (5) Untuk menguji pengaruh persepsi biaya keuangan terhadap penerimaan pengguna m-banking (6) Untuk menguji pengaruh kebiasaan terhadap penerimaan pengguna m-banking (7) Untuk menguji pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi pemfasilitasi, persepsi biaya keuangan, dan kebiasaan secara simultan terhadap penerimaan pengguna m-banking. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Jenis data adalah kuantitatif dan sumber data primer diperoleh dari pengisian kuesioner responden. Populasi penelitian adalah Generasi X nasabah Bank Syariah di wilayah eks Keresidenan Kediri yang menggunakan mobile banking. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling. Data diuji menggunakan uji asumsi klasik dilanjutkan uji regresi linier berganda. Penelitian ini memberikan hasil bahwa (1) Ekspektasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pengguna m-banking (2) Ekspektasi usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pengguna m-banking (3) Pengaruh sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pengguna m-banking (4) Kondisi pemfasilitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pengguna m- banking (5) Persepsi biaya keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pengguna m-banking (6) Kebiasaan tidak berpengaruh terhadap penerimaan pengguna m-banking (7) Ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi pemfasilitasi, persepsi biaya keuangan dan kebiasaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pengguna m-banking. Implikasi praktis penelitian ini adalah rekomendasi kepada Bank Syariah agar meningkatkan user interface, pemberian diskon, dan inovasi fitur m-banking. Implikasi teoritisnya adalah peneliti mengusulkan penambahan variabel Hedonic Motivation dan Perceived Credibility bagi penelitian selanjutnya. Kata kunci : Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Pemfasilitasi, Persepsi Biaya Keuangan, Kebiasaan, Penerimaan Pengguna

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401202055 AURELIA VINDY ARDIANA
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:31
Last Modified: 31 Jul 2024 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49549

Actions (login required)

View Item View Item