NIKEN AYU LESTARI, 126203207100 (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN GURU PROFESIONAL DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Guru Profesional di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Niken Ayu Lestari, NIM. 126207203100, Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Guru Profesional. Guru professional merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Dalam dunia Pendidikan guru adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan Pendidikan, sehingga kualitas dan profesionalisme guru harus benar-benar diperhatikan. Dalam Pendidikan profesionalisme guru dapat ditingkatkan apabila kepala madrasah bisa menjalankan tugasnya sebagai pemimpin dengan baik. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dapat dilihat dari strategi, implementasi, dan evaluasi. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek 2) bagaimana implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek; 3) bagaimana evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek; Tujuan penelitian: untuk menganalisis, 1) strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek; 2) implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek; 3) evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Trenggalek. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, waka kurikulum, kepala tata usaha, dan 3 guru. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek yaitu pembinaan kepala madrasah kepada bapak ibu guru yang ada di madrasah, pembinaan tersebut meliputi pembinaan tentang administrasi, pembinaan mengajar, dan pembinaan penilaian. Rencana peningkatan kinerja guru yang disusun berdasarkan visi dan misi madrasah dengan tujuan peningkatan kinerja guru dalam hal kedisiplinan, iklim kerja yang baik, kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif dan efisien, dan mencipakan prestasi peserta didik baik prestasi akademik atau non akademik dengan cara mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan. Menjaga komunikasi dengan baik dengan cara mengkoordinasikan langsung antara kepala madrasah dan guru yang bersangkutan, kepala madrasah melalui waka kurikulum, dan melalui forum musyawarah untuk penentuan bentuk pelatihan, diklat, seminar dan workshop yang akan diselenggarakan atau yang akan dikuti oleh guru nanti. 2) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek dilakukan dalam bentuk kepala madrasah melakukan rapat bersama bapak ibu guru dan staf karyawan madrasah dan juga komite madrasah jika sangat diperlukan, kepala madrasah melakukan observasi dengan cara kunjungan kelas untuk melihat seberapa peningkatan bapak ibu guru yang sedang mengajar, kepala madarsah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, kepala madrasah mendukung dan memberi motivasi pada bapak ibu guru dan staf karyawan dalam setiap pertemuan. 3) Evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan professional guru di MTsN 2 Trenggalek dilakukan dalam bentuk kepala madarsah sebelum mengadakan evaluasi harus melaksanakan pengawasan terlebih dahulu guna untuk mengetahui apa dan abagimana yang akan dievaluasi nantinya, evaluasi dilaksanakan dengan komunikasi yang baik dan diikuti oleh kepala madrasah, bapak ibu guru, dan staf karyawanya, evaluasi dilaksanakan melalui pembinaan secara keseluruhan atau secara personil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203100 NIKEN AYU LESTARI |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49584 |
Actions (login required)
View Item |