PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

DENY MARLIANA LAELA, 126205202168 (2024) PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Kreativitas Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar" ini ditulis oleh Deny Marliana Laela, NIM. 126205202168 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: Teknik, Mind Mapping, kreativitas, minat belajar, hasil belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh capaian hasil belajar IPA semakin berkurang dikarenakan beberapa faktor salah satunya penggunaan teknik pembelajaran yang kurang menarik dan kurang melibatkan peserta didik. Perlu adanya inovasi teknik pembelajaran salah satunya dengan teknik Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh teknik mind mapping terhadap kreativitas IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (2)Adakah pengaruh teknik mind mapping terhadap minat belajar IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (3) Adakah pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (4) Adakah pengaruh teknik mind mapping terhadap kreativitas, minat dan hasil belajar IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data dengan angket, tes dan rubrik penilaian. Uji hipotesis dengan uji t-test dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Adanya pengaruh teknik mind mapping terhadap kreativitas IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000<0,05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen (14,46) > kelas kontrol (9,58). (2) Adanya pengaruh teknik mind mapping terhadap minat belajar IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,031<0,05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen (63,54)>kelas kontrol (56,83). (3) Adanya pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,006<0,05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen (7,62) > kelas kontrol (6,00). (4) Adanya pengaruh teknik mind mapping terhadap kreativitas, minat dan hasil belajar IPA peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji Manova menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202168 DENY MARLIANA LAELA
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:30
Last Modified: 31 Jul 2024 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49588

Actions (login required)

View Item View Item