PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP MINAT BELAJAR, DAYA INGAT, DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

ASTIN NUR HIDAYAH, 126205202167 (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP MINAT BELAJAR, DAYA INGAT, DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Penerapan Metode Drill terhadap Minat Belajar, Daya Ingat, dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar" ini ditulis oleh Astin Nur Hidayah, NIM. 126205202167 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata kunci: Metode, Drill, Minat Belajar, Daya Ingat, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar dan komunikasi non-verbal, pemahaman terhadap materi kebahasaan, minat belajar Bahasa Arab. Selain itu pandangan tentang Bahasa Arab merupakan bahasa yang banyak kosa katanya menjadikan pelajaran yang ditakutkan, sehingga peserta didik merasa terbebani. Pembelajaran Bahasa Arab yang sukses sangat ditentukan kualitas guru dalam penguasaan metode pembelajaran proses belajar mengajar sehingga permasalahan pembelajaran Bahasa Arab diminimalkan. Dari latar belakang diatas peneliti ingin mengetahui pengaruh penerapan metode drill terhadap minat belajar, daya ingat, dan hasil belajar Bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode drill terhadap minat belajar Bahasa Arab peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Adakah pengaruh metode drill terhadap daya ingat Bahasa Arab peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (3) Adakah pengaruh metode drill terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (4) Adakah pengaruh metode drill terhadap minat belajar, daya ingat, dan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperimen, Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Tehnik Sampling adalah Purposive Sampling yang digunakan pada penelitian ini, yaitu Kelas V A yang berjumlah 12 peserta didik sebagai kelas Kontrol serta kelas V B yang berjumlah 13 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan angket, tes dan rubrik penilaian. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji prasyarat menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Sedangkan Uji Hipotesis menggunakan Uji T-tes dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Adanya pengaruh penerapan metode drill terhadap minat belajar Bahasa Arab peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0.049<0.05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen (51,38) lebih besar dari pada kelas kontrol (46,50). (2) Adanya pengaruh penerapan metode drill terhadap daya ingat Bahasa Arab peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,008<0.05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen (84,6154) lebih besar dari pada kelas kontrol (70,8333). (3) Adanya pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) (<0,001)<0.05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen (84,6154) lebih besar dari pada kelas kontrol (65,0000). (4) Adanya pengaruh penerapan metode drill terhadap minat belajar, daya ingat, dan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Hasil uji Manova yang menunjukkan nilai signifikansi 0,008<0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202167 ASTIN NUR HIDAYAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:38
Last Modified: 31 Jul 2024 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49591

Actions (login required)

View Item View Item