PENYELESAIAN PROBLEMATIKA RUMAH TANGGA MELALUI KONSELING KELUARGA DITINJAU DARI PSIKOLOGI KELUARGA ISLAM DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang)

VITRI SEPTIANA, 126102202161 (2024) PENYELESAIAN PROBLEMATIKA RUMAH TANGGA MELALUI KONSELING KELUARGA DITINJAU DARI PSIKOLOGI KELUARGA ISLAM DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat bahwa masyarakat memiliki berbagai problematika rumah tangga yang dihadapi. Terdapat pasangan yang tidak mampu menyelesaikan problematika rumah tangga yang dihadapinya. Untuk itu dengan hadirnya lembaga Biro Konsultasi Keluarga di Masjid Baitul Mukminin Jombang ini sebagai wadah bagi masyarakat yang tidak mampu menyelesaikan problematika rumah tangganya dengan bantuan dari konselor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang didalam menyelesaikan problematika rumah tangga yang dialami masyarakat? 2) Bagaimana penyelesaian problematika rumah tangga yang dilakukan Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang ditinjau dari perspektif psikologi keluarga Islam? 3) Bagaimana penyelesaian problematika rumah tangga yang dilakukan Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang ditinjau dari perspektif Hukum Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Upaya Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang didalam menyelesaikan problematika rumah tangga yang dialami masyarakat, 2) Penyelesaian problematika rumah tangga yang dilakukan Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang ditinjau dari perspektif psikologi keluarga Islam. 3) penyelesaian problematika rumah tangga yang dilakukan Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang ditinjau dari perspektif Hukum Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara dan dokumentasi dengan pihak Biro Konsultasi Keluarga Masjid Baitul Mukminin Jombang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dalam upaya menyelesaikan problematika rumah tangga yang dikonsultasikan masyarakat, konselor dan masyarakat yang datang berkonsultasi harus melalui tiga langkah dalam proses konsultasinnya, diantaranya tahap konsultasi awal, konfirmasi dengan pihak kedua, dan tahap penyelesaian. 2) Konseling yang dilakukan konselor dalam upaya penyelesaian problematika rumah tangga melibatkan tahapan dan prinsip konseling pada strategi mengatasi konflik dan penyelesaian masalah menurut psikologi keluarga Islam. 3) Konseling keluarga menurut hokum Islam hukumnnya adalah wajib apabila ditujukan untuk menyelesaikan problematika rumah tangga yang sudah tidak bisa diselesaikan oleh suatu keluarga, serta konseling yang dilakukan dengan konselor yang berkompetensi dalam melakukan konseling.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202161 VITRI SEPTIANA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:59
Last Modified: 07 Aug 2024 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49613

Actions (login required)

View Item View Item