GHUFRON ILHAMI, 126205203185 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI TATA CARA BERWUDU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH DI MI AL HIDAYAH 01 BETAK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Tata Cara Berwudu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Di Al Hidayah 01 Betak” ditulis oleh Ghufron Ilhami, NIM 126205203185 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing yaitu Dr. Septinaningrum, M. Pd. Kata kunci : pengembangan, video pembelajaran, tata cara berwudu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepemahaman peserta didik tentang materi berwudu pada mata pelajaran fikih kelas I dikarenakan belum memakai media yang sesuai. Penelitian ini yakni mengukur tingkat kepemahaman peserta didik dengan penggunaan media video pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengembangkan video tata cara berwudu untuk mengetahui gambaran tentang penerapan media ajar video tata cara berwudu untuk meningkatkan pemahaman siswa. Realita lapangan tentang rendahnya kepemahaman peserta didik dikarenakan kurangnya media tentang materi berwudu pada materi fikih kelas I. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Dengan model pengembangan ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Tahapan pengembangan mengikuti 5 tahap ADDIE yaitu: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tahap pertama yang dilakukan peneliti yaitu melakukan menganalisis di sekolah yaitu MI Al Hidayah 01 Betak, analisis materi. 2) Tahap kedua, peneliti mendisain media pembelajaran berbasis video dengan disesuaikan dengan materi, kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran wudu. 3) Tahap ketiga peneliti mengembangkan desain produk sesuai kompetensi inti, kompetensi inti dan tujuan pembelajaran berwudu. 4) Keempat yang dilakukan peneliti implementasi dengan melakukan uji validasi, dengan 1 ahli materi, 1 ahli Bahasa dan 1 ahli media, uji coba lapangan skala kecil, revisi skala kecil, uji coba skala besar, tabulasi dari penghitungan kuisioner, 5) tahap ke lima adalah revisi produk akhir, tahap terakhir dari pengembangan media ini adalah deminasi dan distribusi produk. media video pembelajaran dapat diketahui tingkat kevalidan pada ahli materi 83,6 %, hasil kevalidan ahli media 87,6 %, hasil kevalidan ahli bahasa 83,6 % Hasil pengembangan video tata cara berwudu yang diimplementasikan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah 01 Betak mendapatkan peningkatan antara sebelum menggunakan media video dan sebelum menggunakan media video, yang ditunjukkan melalui hasil post test dan pre test yang dilakukan siswa. Dengan perolehan hasil Pre Test yakni 50 % dan Post Test 58 %. Dengan demikian, pengembangan media video tata cara berwudu mampu meningkatkan persentase tingkat kepemahaman siswa pada materi fikih kelas I.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203185 GHUFRON ILHAMI |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49623 |
Actions (login required)
View Item |