PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 1 BLITAR

RIZQA NADHIFAH, 126209202088 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa yang kurang optimal pada mata pelajaran IPS yaitu kurang aktifnya siswa didalam kegiatan bertanya, kurang aktifnya siswa dalam menjawab pertanyaan, tidak terdapat aktivitas diskusi, kurangnya aktivitas mencatat terkait materi. Permasalahan selanjutnya yakni rendahnya motivasi belajar siswa meliputi kurangnya rasa semangat, didalam menghadapi tugas yang diberikan oleh guru, peserta didik kurang tekun dalam menyelesaikannya, serta minat peserta didik yang kurang. Akibat dari berbagai masalah tersebut, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM mata pelajaran IPS sebanyak 23 siswa, dan hanya terdapat 13 siswa yang tuntas dari total siswa pada kelas observasi sejumlah 36 anak. Pada kegiatan penulisan skripsi ini peneliti memiliki beberapa rumusan masalah yakni : (1) Apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Blitar?, (2) Apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII di MTSN 1 Blitar?. Untuk kegiatan penelitian ini, peneliti mempergunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Eksperimen Semu. Pelaksanaan kegiatan penelitian menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Di dalam kegiatan penelitian ini semua peserta didik kelas 7 di MTSN 1 Blitar dengan jumlah 397 menjadi populasi penelitian, dan untuk sampel penelitian yang dipergunakan yakni berjumlah 72 peserta didik yang meliputi kelas VII-7 dan VII-11. Hasil dari kegiatan penelitian ini menyatakan bahwasanya penggunaan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh baik pada aktivitas serta motivasi belajar peserta didik. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji hipotesis Independent Sample T Test, dari uji angket aktivitas belajar didapatkan nilai signifikasi (2-tailed) 0.000 < 0.05 serta untuk lembar observasi aktivitas belajar nilai signifikasinya (2-tailed) 0.000 < 0.05. Sedangkan, hasil uji hipotesis dari data angket motivasi belajar diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) 0.003 < 0.05 serta untuk lembar observasi motivasi belajar nilai signifikasinya (2-tailed) 0.001 < 0.05. Dari pernyataan tersebut, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak serta Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202088 RIZQA NADHIFAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:52
Last Modified: 31 Jul 2024 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49652

Actions (login required)

View Item View Item