KESIAPAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

FITRIATUL LAILIYAH, 126210203109 (2024) KESIAPAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesiapan Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Smpn 1 Sumbergempol” ditulis oleh Fitriatul Lailiyah, NIM. 126210203109, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) pada tahun 2022. Kurikulum ini berfokus pada pengembangan kemampuan siswa secara lebih luas dan lebih dalam, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam implementasi KMB di SMPN 1 Sumbergempol, guru memiliki peran penting dalam mengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Guru Bahasa Indonesia, sebagai salah satu guru yang memiliki peran penting dalam pendidikan, juga menghadapi tantangan dalam implementasi KMB. Mereka harus dapat mengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Analisis kesiapan guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Sumbergempol dalam implementasi KMB sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kesiapan guru di SMPN 1 Sumbergempol dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, serta untuk mengetahui kendala dan hambatan yang dialami guru SMPN 1 Sumbergempol dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode in-depth analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Sumbergempol memiliki kesiapan yang cukup baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. Mereka memahami konsep utama kurikulum ini, mengikuti pelatihan dan sosialisasi, dan menyusun perangkat pembelajaran yang diperlukan. 2) Dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar, guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Sumbergempol menghadapi sejumlah kendala dan hambatan. Kendala utama yang dihadapi meliputi pemahaman terbatas tentang konsep dan prinsip kurikulum baru, kesulitan dalam penerapan penilaian autentik dan berbasis proyek, kondisi kelas besar dengan banyak siswa yang menantang pembelajaran berpusat pada siswa, keterbatasan fasilitas pendukung seperti internet dan media digital, resistensi terhadap perubahan pola pembelajaran konvensional, serta keterbatasan bahan ajar dan sumber daya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210203109 FITRIATUL LAILIYAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:20
Last Modified: 31 Jul 2024 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49683

Actions (login required)

View Item View Item