PENGARUH METODE BERMAIN PERAN ACAK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI MAN 4 JOMBANG

'ARIFATUL JANNAH, 126210202103 (2024) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN ACAK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Keterampilan Bermain Drama, Memerankan Tokoh Pada pembelajaran mempertunjukkan salah satu tokoh dalam naskah drama, siswa diharapkan lebih aktif dan lebih percaya diri berbicara dan tampil di depan kelas. Karena banyak siswa ketika dihadapkan oleh hal seperti itu kurang percaya diri sehingga keterampilan berbicaranya kurang seperti intonasi, pelafalan, volume, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilandasi oleh kurang optimalnya pembelajaran bermain drama di MAN 4 Jombang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi bermain peran. Pendidik hanya sebatas menggunakan buku LKS yang didalamnya berisi ringkasan materi dan latihan soal yang diberikan kepada siswa. Pendidik belum menerapkan metode yang menarik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran bermain drama merupakan salah satu kompetensi yang wajib dipelajari pada jenjang SMA/MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis mengenai pengaruh penggunaan metode bermain peran pada keterampilan bermain drama memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama. Hasil Penelitian ini yaitu uji Paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan hasil pada saat memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama antara kelas yang tidak diberi perlakuan dan kelas yang diberi berlakuan menggunakan metode bermain peran acak. Diketahui nilai probabilitas (A symp. Sig) senilai 0,000. Dengan demikian, nilai probabilitas (A symp. Sig) lebih kecil nilainya dari 0,05. Uji paired t-test post-test kelas kontrol adalah 0,021 kelas eksperimen memiliki nilai 0,000. Dapat di simpulkan nilai probabilitas kelas ekperimen yaitu 0,000 < 0,05 Sesuai dari hasil uji paired sample t-test, data post-test kelas eksperimen Ha diterima dan Ho ditolak, dari kesimpulan tersebut dapat disimpulakn bahwa metode bermain peran acak berpengaruh terhadap keterampilan bermain drama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan
Bahasa Dan Sastra > Sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202103 'ARIFATUL JANNAH
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:44
Last Modified: 01 Aug 2024 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49713

Actions (login required)

View Item View Item