UDIANI VIA KUMALASARI, 126212201007 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 4 JOMBANG PADA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (915kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kata kunci: Media, Powerpoint Interaktif, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar, Koloid Media pembelajaran digunakan dalam membantu proses pembelajaran. Media yang digunakan siswa masih menggunakan LKS di mana hanya terfokus pada materi dan seringkali memuat siswa jenuh dan tidak tertarik menggunakannya. Hal ini tentu memerlukan inovasi media pembelajaran yang bertujuan untuk menarik minat belajar siswa sekaligus yang mempunyai orientasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu media yang bisa digunakan adalah powerpoint interaktif dengan pendekataan saintifik. Keunggulan pendekatan saintifik adalah sintaks pembelajaran berfokus pada proses penemuan siswa. Materi koloid adalah materi yang kontekstual dan topiknya berhubungan langsung dengan kehidupan. Oleh karena itu, siswa harus berperan aktif agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh media powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) mendeskripsikan pengaruh media powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa, dan 3) mendeskripsikan pengaruh media powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas XI MAN 4 Jombang pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental. Sampel pada penelitian ini adalah siswa MAN 4 Jombang kelas XI MIA 5 yang berjumlah 34 siswa dan kelas XI MIA 6 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan samplingnya adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes berupa lima soal uraian untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa dan metode angket sejumlah tiga puluh enam untuk memperoleh data minat belajar siswa. instrumen tes dan angket yang digunakan telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan nilai sebesar 0,532 untuk soal dan 0,928 untuk angket. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat sebelum dilakukan uji hipotesis yakni Uji Independent t-test dan MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh media powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05, 2) terdapat pengaruh media powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, dan 3) terdapat pengaruh media powerpoint interaktif dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas XI MAN 4 Jombang pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201007 UDIANI VIA KUMALASARI |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:02 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49717 |
Actions (login required)
View Item |