PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI MAN 4 JOMBANG

ELVA NUR FADILLAH, 126212202051 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Media Power Point Interaktif, Hasil Belajar, Minat Belajar, Larutan Penyangga Kurangnya minat dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik. Hal ini membuat siswa menjadi cenderung pasif dan kurang berminat dalam mempelajari materi larutan penyangga. Cara untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa yaitu dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan berpusat pada siswa serta guru menggunakan variasi pada model pembelajaran. Model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran ini adalah model problem solving yang dipadukan dengan media power point interaktif. Hal ini mampu membuat siswa lebih aktif dan mengembangkan pengetahuannya dalam memahami suatu konsep agar dapat menyelesaikan permasalahan, sehingga berdampak pada peningkatan hasil dan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media power point interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang; 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media power point interaktif terhadap minat belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang; dan 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media power point interaktif terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe non equivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa dan metode angket untuk memperoleh data minat belajar siswa. Instrumen soal dan angket yang digunakan telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas melalui SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji Manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan media power point interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang yang dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest hasil belajar kelas XI MIA 4 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XI MIA 7, yaitu 76,03 ≥ 66,72 dan nilai Sig. (2-tailed) pada kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (4,227 ≥ 1,977), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 2) ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan media power point interaktif terhadap minat belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang yang dibuktikan dengan rata-rata nilai minat belajar kelas XI MIA 4 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XI MIA 7, yaitu 87,12 ≥ 77,97 dan nilai Sig. (2-tailed) pada kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (7,180 ≥ 1.977), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 3) ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan media power point interaktif terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang yang dibuktikan dengan nilai fhitung ≥ f¬tabel yaitu pada hasil belajar 17,865 ≥ 3,99 dan pada angket minat belajar 51,546 ≥ 3,99 dan Sig. (2-tailed) untuk hasil dan minat belajar yaitu 0,000. Nilai signifikasi dari hasil dan minat belajar kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving berbantuan media power point interaktif berpengaruh terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga di MAN 4 Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202051 ELVA NUR FADILLAH
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:00
Last Modified: 05 Aug 2024 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49826

Actions (login required)

View Item View Item