PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI DARUL HUDA

AZQI ILMA NAFIA, 126205203190 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI DARUL HUDA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V Di MI Darul Huda” ini ditulis oleh Azqi Ilma Nafia, NIM. 126205203190, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kartu Domino, Motivasi, Hasil Belajar Pendidik perlu memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah tingkat motivasi belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan media pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti beranggapan bahwa menggunakan media pembelajaran kartu domino dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata Pelajaran IPA di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu domino terhadap motivasi belajar IPA kelas V di MI Darul Huda (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar IPA kelas V di MI Darul Huda (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu domino terhadap motivasi dan hasil belajar IPA kelas V di MI Darul Huda Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di di MI Darul Huda sebanyak 37 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas V-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes,. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu domino terhadap motivasi belajar IPA kelas V di MI Darul Huda. diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar IPA kelas V di MI Darul Huda. diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. (3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu domino terhadap motivasi hasil belajar IPA kelas V di MI Darul Huda. Harga F Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kolom kelas memiliki nilai Sig. 0,000 < 0,005, yang artinya harga F Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan dan Ha, diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203190 AZQI ILMA NAFIA
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:08
Last Modified: 01 Aug 2024 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49863

Actions (login required)

View Item View Item