PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MIN 1 JOMBANG

SAYYIDATIN NISWAH, 126201203281 (2024) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MIN 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MIN 1 Jombang” ini ditulis oleh Sayyidatin Niswah, NIM. 126201203281 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Ummi, Membaca al-Qur’an, Kemampuan Membaca Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan al-Qur’an anak-anak yang dihadapkan pada zaman yang semakin berat, dimana sekarang ini banyak dijumpai anak-anak, remaja muslim, bahkan orang dewasa yang tidak lancar membaca al-Qur’an, jikalaupun lancar hanya sekedar bisa membaca al-Qur’an saja tanpa memperhatikan hukum bacaan tajwid dan tartil dalam al-Qur’an dengan baik dan benar. Di MIN 1 Jombang merupakan madrasah yang dipimpin oleh Ibu Luluk Wahyu Ningsih, M.Pd. yang memberikan pembelajaran membaca al-Qur’an metode Ummi yang diperuntukkan kepada seluruh peserta didik sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan tajwid yang benar dan upaya untuk mencetak generasi yang qur’ani cinta al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Peserta Didik di MIN 1 Jombang? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Peserta Didik di MIN 1 Jombang? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Peserta Didik di MIN 1 Jombang? Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala madrasah, koordinator Ummi, guru Ummi, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran al-Qur’an metode Ummi di MIN 1 Jombang ada dua, yakni perencanaan pra pembelajaran dan perencanaan saat pembelajaran. Perencanaan pra pembelajaran terdiri dari sejarah singkat dan profil MIN 1 Jombang, sejarah adopsi pembelajaran Ummi di MIN 1 Jombang, penentuan jilid, pembagian guru/ustadz-ustadzah, membuat target pembelajaran al-Qur’an dan hafalan setiap semester, membuat jadwal kegiatan belajar mengajar, dan menentukan model pembelajaran. Sedangkan perencanaan saat pembelajaran terdiri dari penataan/setting kelas dan mempersiapkan diri serta menata niat. (2) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an metode Ummi terdiri dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran al-Qur’an metode Ummi terdiri dari evaluasi harian, evaluasi semester (ujian kenaikan jilid), dan khataman/wisuda al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203281 SAYYIDATIN NISWAH
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:31
Last Modified: 01 Aug 2024 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49875

Actions (login required)

View Item View Item