PERBANDINGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT BERDASARKAN PERFORMA MATEMATIKA PADA PISA (Programme for International Student Assessment)

ATHENA MUZAYNA CHAKIM, 126204202079 (2024) PERBANDINGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT BERDASARKAN PERFORMA MATEMATIKA PADA PISA (Programme for International Student Assessment). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbedaan Kurikulum Indonesia dan Amerika Serikat berdasarkan Performa Matematika pada PISA (Programme for International Student Assessment)” ini ditulis oleh Athena Muzayna Chakim, NIM. 126204202079, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Perbandingan Kurikulum, Matematika, PISA, Indonesia, Amerika Serikat. Sejak keikutsertaannya pada PISA 2000, nyatanya capaian Indonesia pada PISA di bidang matematika masih jauh tertinggal meskipun telah mengaitkan kurikulum dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu, Indonesia perlu mengkaji kurikulum dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan bangsa dengan asumsi bahwa meningkatkan kualitas pendidikan sama dengan meningkatkan skor PISA. Usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perbandingan pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip yang mendasari pengaturan perkembangan sistem pendidikan nasional. Amerika Serikat sebagai salah satu negara yang berupaya meningkatkan skor PISA dan menjadi pusat inovasi global dirasa sesuai untuk dilakukan perbandingan kurikulum/kebijakan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kurikulum pendidikan di Indonesia berdasarkan performa matematika pada PISA 2012 dan 2022; (2) mendeskripsikan kurikulum pendidikan di Amerika Serikat berdasarkan performa matematika pada PISA 2012 dan 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian literature review. Sumber literatur yang digunakan dalam penelitian ini ditelusuri melalui Google Scholar (n=28) dan RIT Library (n=8) dengan menggunakan kata kunci kurikulum pendidikan Indonesia dan Amerika Serikat berdasarkan hasil/performa matematika pada PISA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Indonesia dan Amerika Serikat peserta PISA 2012 dan 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Indonesia, berdasarkan performa matematika pada PISA 2012 (skor 375), menunjukkan kesenjangan dalam implementasi, kurangnya pengawasan, dan ketidaksesuaian dengan konten PISA. Kurikulum Darurat sebelum PISA 2022 (skor 366) berhasil meminimalisasi dampak learning loss akibat pandemi, meskipun pelaksanaannya dan transisi menuju Kurikulum Merdeka masih dinilai kurang. Kurikulum di Indonesia juga sering berubah dalam periode singkat; (2) Undang-undang NCLB di AS, berdasarkan performa matematika pada PISA 2012 (skor 481), telah diimplementasikan hampir di setiap negara bagian dengan standar profesionalitas guru dan kurikulum. Namun, guru ahli dan kurikulum yang kuat tidak terdistribusi secara merata. Kebijakan pendidikan saat itu, CCSS-M, mencakup semua domain PISA, meskipun beberapa item kurang ditekankan. Berdasarkan performa matematika PISA 2022 (skor 465), UU pendidikan ESSA berupaya mengurangi dampak learning loss melalui berbagai program dengan skema pendanaan Tittle I Funds.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202079 ATHENA MUZAYNA CHAKIM
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:53
Last Modified: 05 Aug 2024 04:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49885

Actions (login required)

View Item View Item