ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP POSTINGAN INSTAGRAM @dawuhguru PADA 24 OKTOBER 2023

LULUK ILMA INUN, 126304201021 (2024) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP POSTINGAN INSTAGRAM @dawuhguru PADA 24 OKTOBER 2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Luluk Ilma Inun (2024) Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Postingan Instagram @dawuhguru pada 24 Oktober 2023. Program Studi: Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Dakwah, Instagram, Resepsi Pada era tradisional, kegiatan dakwah sebagian besar melibatkan interaksi tatap muka dalam sebuah ruang pertemuan, ada juga yang melalui media elektronik seperti televisi atau radio. Namun, seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, aktivitas dakwah meluas hingga ke ranah publik digital seperti media sosial, terkhusus Instagram. Tidak sedikit para pendakwah yang memanfaatkan akun Instagram sebagai media dakwah karena sifatnya yang fleksibel. Permasalahan yang kemudian muncul adalah pesan yang diterima oleh khalayak melalui media sosial tidak sejalan dengan pesan yang disampaikan oleh media dan komunikator, hal tersebut sering menyebabkan miskomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana khalayak dalam memaknai konten Instagram @dawuhguru pada 24 Oktober 2023 Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik analisis data cenderung mengacu pada model interaktif Huberman dan Miles. Peneliti menggali opini atau argumentasi melalui komentar-komentar postingan Instagram @dawuhguru pada 24 Oktober 2023. Teknik pemilihan komentar menggunakan purposive sampling, mengambil sampel yang sesuai dengan kriteria topik penilitian. Setelah menyeleksi komentar, peneliti menganalis dan mengklasifikasikan komentar atau respon khalayak yang berisi tanggapan terhadap konten Instagram @dawuhguru, klasifikasi tersebut dibuat berdasarkan konsep dari Stuart Hall mengenai tiga posisi khalayak dalam memaknai pesan. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme, kebenaran yang akan dicari adalah bagaimana khalayak menerima dan memaknai postingan Instagram @dawuhguru pada 24 Oktober 2023. Berbeda dengan apa yang dikutip oleh (Muhammad Azhari, 2020), Stuart Hall menyatakan bahwa secara umum mayoritas khalayak berada dalam negotiated position. Dalam penelitian ini, komentar khalayak pada postingan @dawuhguru pada 24 Oktober 2023 kebanyakan tergolong dalam oppositional position, hal tersebut dilatar belakangi oleh keterbiasaan mereka terhadap konten yang konsisten menyebarkan dawuh-dawuh guru membuat mereka asing atau tidak nyaman ketika @dawuhguru membagikan konten di luar dari kebiasaanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304201021 LULUK ILMA INUN
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:29
Last Modified: 06 Aug 2024 01:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49889

Actions (login required)

View Item View Item