PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 4 JOMBANG

SITI FATIMAH, 126201203246 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalan Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MAN 4 Jombang” ditulis oleh Siti Fatimah, NIM 126201203246, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Kedisiplinan Penerapan kedisiplinan pada siswa dalam proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang tidak disiplin dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas seperti masih sering menyontek ketika sedang ujian, berperilaku atau berkata tidak sopan kepada guru maupun sesama teman, siswa datang terlambat ke sekolah, siswa tidak mengikuti pembelajaran di dalam kelas atau membolos saat jam pelajaran sedang berlangsung, siswa berkelahi di sekolah, siswa memakai seragam yang tidak sesuai dengan aturan, seperti tidak memakai atribut lengkap dan pakaian dikecilkan, tidak membuang sampah pada tempatnya, tidak mengerjakan PR, serta siswa sering tidur saat pelajaran di kelas. Berkaitan dengan ini perlu adanya penelitian terkait peran guru akidah akhalak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Agar tidak dipandang hanya merngedepankan kualitas akademisnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN 4 Jombang. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN 4 Jombang. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai inspirator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu memberikan kata-kata motivasi dan arahan, selalu mendekati dan bertanya pada siswa yang kurang termotivasi kemudian memberikan nasihat, memberikan hukuman dan hadiah, bersikap tegas pada diri sendiri maupun siswa sehigga siswa termotivasi dalam menaati kedisiplinan. Kedua, peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu selalu bertutur kata yang sopan, bertanggung jawab dengan tugas, dan bertingkah laku positif, datang ke madrasah tepat waktu, membiasakan doa dan tilawah sebelum pembelajaran, membiasakan mengucap salam dan berjabat tangan, disiplin waktu seperti datang mengajar tepat waktu dan selesai mengajar tepat waktu, memakai seragam atau pakaian sesuai dengan peraturan madrasah seperti memakai atribut lengkap, rapih, syar’i dan sopan. Ketiga, peran guru akidah akhlak sebagai inspirator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu memberikan petunjuk yang baik dan kesan yang positif kepada siswa, menyisipkan cerita dari tokoh terkenal untuk menginspirasi siswa serta menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203246 SITI FATIMAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 01:59
Last Modified: 09 Aug 2024 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49906

Actions (login required)

View Item View Item