PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs PLUS ATH-THOHIRIYYAH BLAWIREJO LAMONGAN

OKTAVIANA NUR VERAYANTI, 126204203168 (2024) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs PLUS ATH-THOHIRIYYAH BLAWIREJO LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTs Plus Ath-Thohiriyyah Blawirejo Lamongan" ini ditulis oleh Oktaviana Nur Verayanti, NIM 126204203168, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Syaiful Hadi. M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, video pembelajaran, minat dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di kelas yang membosnkan. Hal tersebut mengakibatkan minat dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Media Video Pembelajaran digunakan sebagai solusi dalam permasalahan ini. Kelebihan yang dimiliki media video yaitu video dapat memberikan pesan yang dapat diterima lebih merata oleh siswa, video sangat bagus untuk menerangkan suatu proses, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, lebih realistis dan dapat diulang atau dihentikan sesuai kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap minat belajar materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTs Plus Ath-Thohiriyyah Blawirejo Lamongan 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar materi Bangun Ruang Sisi Datarkelas VIII MTs Plus Ath-Thohiriyyah Blawirejo Lamongan 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar materi Bangun Ruang kelas VIII MTs Plus Ath-Thohiriyyah Blawirejo Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenisnya adalah Quasy Experimental Design (eksperimen semu) dengan desain penelitian tipe Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Plus Ath-Thohiriyyah Blawirejo Lamongan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII C (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan yaitu Uji T-test dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar materi Bangun Ruang Sisi Datar yang signifikan sebesar 0,039. 2) Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar materi Bangun Ruang Sisi Datar yang signifikan sebesar 0,044. 3) Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar dan Hasil belajar materi Bangun Ruang Sisi Datar yang signifikan sebesar 0,004 untuk Minat Belajar dan 0,015 untuk Hasil Belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203168 OKTAVIANA NUR VERAYANTI
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:03
Last Modified: 13 Aug 2024 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49944

Actions (login required)

View Item View Item