STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG (BACA, TULIS DAN HITUNG) PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MIN 3 TULUNGAGUNG

AYULIA WULANDARI, 126205202123 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG (BACA, TULIS DAN HITUNG) PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Stratgei Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar CALISTUNG (Baca, Tulis, dan Hitung) Pada Peserta Didik Kelas 1 Di MIN 3 Tulungagung” ini merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh Ayulia Wulandari, NIM 126205202123, dengan pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, CALISTUNG Kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung ialah hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik dengan ditujukkan adanya kesenjangan antar prestasi akademik yang dicapai oleh peserta didik. Membaca, menulis, dan berhitung merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Karena itu merupkan syarat agar peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas dengan baik dan lancar. Kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung masih banyak ditemukan pada peserta didik pada tingkat sekolah dasar, seperti halnya yang ditemukan di MIN 3 Tulungagung. Dimana guru sudah berusaha dengan menjalankan strategi-strategi guna membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung. Dengan harapan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung tidak tertinggal jauh dengan teman sebayanya dan tidak berlanjut hingga kelas yang akan datang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada peserta didik kelas 1, (2) untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis pada peserta didik kelas 1, (3) untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung pada peserta didik kelas 1 di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif, dengan metode studi kasus yang mana dilakukan melalui pengamatan keadaan secara langsung yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Tulungagung. Menggunakan teknik pengumpulan data yakni teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini ialah: (1) strategi guru dalam mengatasi kesulita belajar membaca ialah dengan memberikan jam tambahan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media ajar yang kreatif, selalu melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik yang bersangkutan. (2) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis ialah memberikan latihan dan dampingan belajar untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, melakukan pembelajaran menggunakan media ajar benda yang konkrit, terus memberikan motivasi pada peserta didik yang berkesulitan belajar menulis, menggunakan metode pemberian reward atau apresiasi. (3) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung ialah menggunakan media ajar yang menarik, memberikan latihan dan pengulangan kepada peserta didik, serta memberikan kesan positif di setiap pertemuan atau pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202123 AYULIA WULANDARI
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:00
Last Modified: 02 Aug 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49956

Actions (login required)

View Item View Item