PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV MI AL-HILAL BALONGOMBO JOMBANG

MAUDY AMELIA SARI DWI MAHARANI, 126205203262 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV MI AL-HILAL BALONGOMBO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Amelia, Maudy Sari Dwi Maharani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV MI AL-Hilal Balungombo Jombang. Skripsi, Progran Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Hafidz Rosyidiyana, M,Pd Kata kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Box, Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Media pembelajaran pada hakikatnya merupakan salah satu komponen sistem dalam pembelajran. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat merangsang perhatian, perasaan, dan minat belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran juga memiliki peran yang dominan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembanagan, kelayakan dan efektivitas media pembelajaran pop up box pada mata pelajaran IPAS materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya di kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran pop up box. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran pop up box. 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran pop up box. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, Analysis, design, development, implementation, dan Evaluation. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan angket. Teknik yang dilakukan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) Media pembelajaran pop up box disusun dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi bedasarkan saran dan masukan dari validator , sehingga media layak untuk diuji cobakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli media dengan persentase 89%, ahli materi 84%, dan guru mata pelajaran 89,1%, dengankeriteria sangat layak. 2) kelayakan media opo up box diambil dari angket respon peserta didik yang mendapatkan hasil sebesar 81,2%, dengan kriteria sangat menarik. 3) keefektivan media pop up box diambil dari hasil belajar siswa melalui postest dan pretest. Hasil belajar siswa melalui uji prestest dan postest memperoleh rata-rata sebesar 59,81 % untuk soal pretest dan 88,70 untuk soal postest. Kemudian untuk nilai N-Gain score sebesar 0,73, Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai peserta didik, maka tingkat keefektivan media dinyatakan tinggi. Selanjutnya nilai N-Gain persen sebesar 73,92%, maka media pembelajaran dikategorikan cukup layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajarn pop up box penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Hilal Balongombo Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203262 MAUDY AMELIA SARI DWI MAHARANI
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:36
Last Modified: 02 Aug 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50007

Actions (login required)

View Item View Item