STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

NUR QOLBI LAZUARDI, 17201153441 (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Qolbi Lazuardi, NIM 17201153441, Pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M. Ag. NIP 195412181986021001. Penelitian ini dilatar belakangi pendidikan agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam mendidik sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membengun moral dan etika bangsa. Realitanya perilaku pelajar yang sangat nyata adalah semakin meningkatnya para pelajar yang terlibat tawuran pelajar, pergaulan narkoba, pencurian, pembulian, pergaulan bebas dan sebaganya. Kasus ini semakin marak dan membuat masyarakat resah. Pelajar semestinya menghabiskan waktu untuk belajar di sekolah, tetapi malah menjadi aktor tindakan yang tidak bermoral. Nilai-nilai religiusitas tidak hanya tampak ketika seseorang melakukan praktek ritual peribadatan saja, seperti sholat, berdoa, puasa, zakat, dan haji, namun nilai religiusitas nampak pada semua aktivitas keseharian seseorang yang mencerminkan unsur aqidah, ibadah dan akhlak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi imi adalah 1). Bagaimana strategi Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan religiusiatas peserta didik dalam hal aqidah di MTs Negeri 4 Tulungagung? 2). Bagaimana strategi Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan religiusiatas peserta didik dalam hal ibadah di MTs Negeri 4 Tulungagung? 3). Bagaimana strategi Guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan religiusiatas peserta didik dalam hal akhlak di MTs Negeri 4 Tulungagung? Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan Islam sekarang dan yang akan datang. Dengan study ini juga diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dibidang pendidikan Islam khususnya pada diri penulis dan umumnya kepada para pembaca. Untuk mengetahui aktualisasi serta relevansi tentang strategi guru aqidah akhlak dalam meningkatkan religiusitas peserta didik. Dalam metode ini digunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, ovservasi dan juga dokumentasi. Analisis data menggundakan triangulasi data yang meliputi data reduction (penolakan data). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk meningkatkan religiusitas peserta didik sudah berjalan dengan baik, meliputi tiga aspek yaitu pembentukan sikap relogius pada aspek aqidah, ibadah dan akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153441 NUR QOLBI LAZUARDI
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:18
Last Modified: 05 Aug 2024 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50070

Actions (login required)

View Item View Item