ZULIF NURVIYANA, 126205203265 (2024) PENERAPAN MODEL HABIT FORMING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (361kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Model Habit Forming dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 7 Tulungagung” Yang ditulis oleh Zulif Nurviyana, NIM 126205203265, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syyaid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Moh Arif, M.Pd Kata Kunci: Model Habit Forming, Pemahaman Siswa, pembelajaran Aqidah Akhlak. Pendidikan akhlak merupakan aspek fundamental dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa yang sesuai dengan ajaran agam islam. Salah satu metode yang dianggap efektif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia adalah model habit forming atau pembiasaan. Model ini menekankan pada pembentukan kebiasaan positif melalui pengulangan secara terus-menerus. Penelitian ini mengkaji penerapan model habit forming di MIN 7 Tulungagung dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran aqidah akhalak. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model habit forming melalui pembacaan asmaul husna untuk meningkatkan pemahaman istiqomah siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di MIN 7 Tulungagung (2) Mendeskripsikan penerapan model habit forming melalui sholat dhuhur untuk meningkatkan pemahaman kedisiplinan siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di MIN 7 Tulungagung (3) Mendeskripsikan penerapan model habit forming melalui pembacaan surat-surat pendek untuk meningkatkan pemahaman tanggung jawab siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data dengan menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci, kemudian menyajikan dta dan melakukan verifikasi data. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Penerapan pembacaan asmaul husna di MIN 7 Tulungagung dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pembacaan bersama-sama setelah hafalan surat pendek, dan pembacaan bergantian lafadz asmaul husna oleh siswa. (2) Penerapan pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di MIN 7 Tulungagung dilakukan secara konsisten setelah jam pelajaran usai dan sesuai dengan waktu yang ditentukan agar siswa terlatih disiplin waktu dan tertib dalam menunaikan ibadah sholat sesuai waktunya. (3) Penerapan pembelajaran Al-Qur'an khususnya surat-surat pendek di MIN 7 Tulungagung dilakukan secara sistematis, berjenjang, dan disesuaikan dengan kemampuan siswa dengan menambah jumlah surat yang harus dihafal secara bertahap.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203265 ZULIF NURVIYANA |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:00 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50085 |
Actions (login required)
View Item |