PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS I MI SANAN PAKEL TULUNGAGUNG

PUPUT ASMA’UL KHUSNA, 2817133145 (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS I MI SANAN PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Puput Asma’ul Khusna, NIM. 2817133145, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. M. Jazeri, M.Ag. Kata Kunci: Metode Make A Match, Hasil Belajar . Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan metode pembelajaran make a matchpada mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan tema kegiatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana penerapan metode Make A Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiatan pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung? (2)Bagaimana peningkatan motivasi dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiataan melalui metode Make A Match pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung? (3)Bagaimana peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiataan melalui metode Make A Match pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung? (4)Bagaimana peningkatan nilai hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiataan melalui metode Make A Match pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung?. Selanjutnya adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Mendiskripsikan penerapan metode Make A Match dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiatan pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung. (2)Mendiskripsikan peningkatan motivasi dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiataan melalui metode Make A Match pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung. (3)Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tentang tema kegiataan melalui metode Make A Match pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung. (4)Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tema kegiataan melalui metode Make A Match pada peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a matchdapat meningkatkan motivasi, keaktifan, dan nilai hasil belajar Bahasa Jawa. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase pengamatan motivasi belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari observasi awal yaitu 50% meningkat menjadi 65% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 90% pada siklus II. Kemudian pada pengamatan keaktifan juga mengalami peningkatan dari observasi awal yaitu 55% meningkat menjadi 75% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 85% pada siklus II. Juga pada nilai hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 50% meningkat menjdai 95%. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas I MI Sanan Pakel Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133145 PUPUT ASMA’UL KHUSNA
Date Deposited: 09 May 2017 02:55
Last Modified: 09 May 2017 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item