KARISMA ANISATUS ZAHRO', 126205203261 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOX MATEMATIKA BANGUN RUANG (PUB MABAR) PADA SISWA KELAS II DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pop Up Box Matematika Bangun Ruang (PUB MABAR) pada Siswa Kelas II di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Karisma Anisatus Zahro’, NIM. 126205203261, pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Box, Matematika, Bangun Ruang Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan kurangnya variasi media dalam pembelajaran matematika, pelajaran masih berjalan secara konvensional karena guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional dalam penyampaian materi, dan media masih abstrak dan dibutuhkan media kongkrit. Sehingga banyak siswa yang masih kurang menguasai materi-materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Pop Up Box Matematika Bangun Ruang (PUB MABAR) pada siswa kelas II di MIN 1 Tulungagung. 2) untuk mendeskripsikan Kelayakan pengembangan media Pop Up Box Matematika Bangun Ruang (PUB MABAR) pada siswa kelas II di MIN 1 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes (pret-test dan post-test). Jenis data dalam penelitian ini terdapat data kualitatif yaitu hasil wawancara dan saran komentar validator, serta data kuantitatif berupa skor validasi, skor keterbacaan, dan hasil tes (pret-test dan post-test). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Proses penelitian pengembangan ini melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses ini diawali dengan analisis kinerja, analisis tujuan pembelajaran, analisis karakteristik siswa, analisis kebutuhan, menyusun instrument validasi, menyusun strategi pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, meyusun tes, merancang storyboard, membuat modul ajar, mengembangkan produk, validasi produk, uji coba produk, penyebaran angket kelayakan, serta revisi produk. 2) Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media I diperoleh jumlah skor sebesar 62 dan rata-rata presentase sebesar 82% dan ahli media II jumlah sebesar 60 dan rata-rata presentase sebesar 80% dengan kategori “Valid/Layak digunakan”. Hasil Validasi oleh ahli materi I diperoleh jumlah skor 72 dan skor rata-rata presentase sebesar 96%, dan ahli materi II diperoleh jumlah skor 67 dan skror rata-rata presentase sebesar 89,3% dengan kategori “Sangat Valid/Sangat Layak Digunakan”. Hasil keseluruhan angket tanggapan siswa pada kelas kelas II A adalah 92,6%, pada kelas II B sebesar 90,8%, dan pada kelas II C sebesar 91,5% dengan kategori “Sangat Valid/Sangat Layak Digunakan”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203261 KARISMA ANISATUS ZAHRO' |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50096 |
Actions (login required)
View Item |