MOCH KEVIN ZAHARA, 126207201005 (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA PENDIDIK ( Studi Kasus di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk ). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Zahara, Moh Kevin, 2024. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik ( Studi Kasus di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk ). Skripsi, Progam Studi, Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Prof. Drs. Hj. Sulistiyorini, M.Pd. Kata kunci : Peran Kepala Sekolah, Peningkatan kemampuan tenaga pendidik, Leader, Menejer, Motivator. Penelitian ini dilatar belakangi dengan upaya peningkatan kemampuan tenaga pendidik. Hal tersebut memerlukan peran kepala sekolah sebagai Leader, Manajer dan Motivator yang mampu mengarahkan, membimbing dan memotivasi agar tenaga pendidik dapat meningkatkan skillnya. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran Kepala Sekolah sebagai Leader terhadap Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk. (2) Untuk mengetahui peran Kepala Sekolah sebagai Manajer terhadap Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk (3) Untuk mengetahui peran Kepala Sekolah sebagai Motivator terhadap Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis data terdiri atas kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Kepala sekolah sebagai pemimpin (leader) memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kemampuan tenaga pendidik di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk. Visi-misi dan kenyamanan lingkungan dijaga oleh kepala sekolah, yang telah berupaya menjaga adab yang baik karena beliau adalah teladan bagi warga sekolah. 2) Kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran yang penting dalam meningkatkan fungsi-fungsi manajemen, mengikutsertakan staf dan tenaga pendidik dalam pelatihan-pelatihan yang diadakan dinas maupun mandiri, contohnya adalah pelatihan membuat modul sekolah dan pelatihan membaca smaul husna dengan cepat. 3) Kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan tenaga pendidik di SMP Islam Al-Falah Baron Nganjuk, menciptakan iklim yang mendukung, memotivasi, dan membuat ucapan kecil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207201005 MOH. KEVIN ZAHARA |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:02 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50120 |
Actions (login required)
View Item |