IMPLEMENTASI DEKORASI RUANG KELAS KREATIF BERBASIS KESENIAN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

ANDRIYANI DWI LESTARI, 126205201065 (2024) IMPLEMENTASI DEKORASI RUANG KELAS KREATIF BERBASIS KESENIAN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Dekorasi Ruang Kelas Kreatif Berbasis Kesenian dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung” di tulis oleh Andriyani Dwi Lestari, NIM 126205201065, prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dosen pembimbing Mirna Wahyu Agustina M.Psi. Kata Kunci : Dekorasi, Ruang Kelas, Motivasi Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi adalah hal yang harus dimiliki setiap individu karena motivasi mampu memberikan daya pendorong seseorang untuk mampu mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan dalam kehidupan. Motivasi menjadi kepentingan yang harus perlu diperhatikan, sebab keberadaannya sangat memberikan pengaruh dalam melakukan berbagai aktivitas yang akan dijalankan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti Implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbabasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtdaiyah Negeri 4 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtdaiyah Negeri 4 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtdaiyah Negeri 4 Tulungagung? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Dalam pengumpulan data, penelitian mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan tringulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung, yaitu pihak madrasah melakukan rapat atau musyawarah untuk mengumpulkan berbagai argumen, ide, dan perencanaan yang dibutuhkan untuk membangun motivasi belajar dengan implementasi dekorasi ruang kelas, (2) Pelaksanaan implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung, dilaksanakan oleh semua yang bertanggung jawab di madrasah seperti kepala sekolah, guru, dan siswa, (3) Evaluasi implementasi dekorasi ruang kelas kreatif berbasis kesenian dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung, menjadi upaya untuk mengetahui segala bentuk faktor pendukung dan penghambat implementasi tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201065 ANDRIYANI DWI LESTARI
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:13
Last Modified: 06 Aug 2024 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50124

Actions (login required)

View Item View Item